Music Video

Virgoun - Bukti (Official Lyric Video)

Published On Sep 19, 2017

#Bukti adalah single ke-2 dari project solo gw. Lagu ini tentang kekaguman dan rasa syukur seseorang terhadap orang yang dicintainya. Bisa siapa aja.

Sama kayak ‘Surat Cinta Untuk Starla’, proses kreatif di lagu ‘Bukti’ ini gak kalah seru. Di lagu ini gw pake medium kertas dan pensil. Suara robekan kertas dan ketukan pensil gw pake di sepanjang lagu.

Ngelanjutin karya setelah Surat Cinta Untuk Starla itu gak gampang. Tuntutan dan ekspektasi orang-orang terhadap karya ke-2 gw, itu gw rasain banget. Tapi, ini gw jadikan tantangan, jadi bensin buat gw biar bikin lagu yang bisa berbekas kayak Surat Cinta Untuk Starla. Ya, ini dia hasilnya. Karya yang lain lagi, dari hati gw.

Proses perjalanan bikin lagu itu gak gampang. Asli, gak gampang. Dan waktu lagu udah jadi, dan akhirnya di publikasiin, lagu itu terikat dengan hak cipta/ hak kekayaan intelektual/ copyrights dari si pencipta lagunya, untuk lirik, dan notasinya.

Nah, sekarang ngobrolin cover lagu. Silahkan aja, tapi yang harus lw pahami, lw gak seharusnya nge-monetize lagu cover-an lw, karena ini akan langsung di CLAIM komposisi lagunya oleh musisi lewat publisher/ collecting society yang ditunjuk. Klo lw ngecover DAN pgn lw monetize, maka minta izin dulu ke si penciptanya. Ada syarat & ketentuan yang lw harus penuhi untuk ini, beda-beda, tergantung si musisinya. Nah, buat #BUKTI, isi form ini http://bit.ly/IzinCoverVirgounBukti yak :)

Gue simpelin ye. Lirik sama notasi lagu-lagu gw itu kaya bahan utama dari lagu gw. Lw minta izin cover, berarti lw minta izin untuk pake lirik sama notasi tadi. Kalau gw udah ngasih persetujuan, dari bahan utama tadi lw mau ubah jadi komposisi apapun, terserah lw. Mau jadi versi rock/ reggae/ bahkan ke koplo sekalipun, bebas. TAPI, itu tadi, bahan utama lagunya harus ada persetujuan dari gw dulu. Gak bisa main langsung cover aja, apalagi di monetize sendiri.

Terus nih, tentang parodi lagu. Gw sih keberatan. Karena buat gw gak sepantasnya karya orang dibuat jadi lucu-lucuan. Gw gak tau dengan musisi lain, tapi gw, melalui publisher yang gw tunjuk, gw akan men-take down video-video parodi dari lagu-lagu gw. Salah satu contohnya, 'Surat Yasin Untuk Starla’, ini sih kelewatan. Ada banyak cara untuk bisa mensupport musisi idola lw, dan menurut gw, parodi bukan salah satunya.

Gw harap, setelah baca ini, kalian bisa jauh lebih paham tentang copyrights ya; dari mata seorang musisi. Hargai dan support musisi sepantasnya, dan pahami batasannya. #Bukti -kan bahwa lw memang bagian dari generasi pintar :)

Maju terus musisi, penikmat musik dan musik Indonesia!

- Virgoun, Sept 2017.

 

Lirik Virgoun Bukti

Memenangkan hatiku
Bukanlah satu hal yang mudah
Kau berhasil membuat
Ku tak bisa hidup tanpamu

Menjaga cinta itu
Bukanlah suatu hal yang mudah
Namun tak sedetik pun
Tak pernah kau berpaling dariku
Beruntungnya aku dimiliki kamu

Kamu adalah bukti
Dari cantiknya paras dan hati
Kau jadi harmoni saat ku bernyanyi
Tentang terang dan gelapnya hidup ini

Kaulah bentuk terindah
Dari baiknya Tuhan padaku
Waktu tak mengusaikan cantikmu
Kau wanita terhebat bagiku
Tolong kamu camkan itu

Meruntuhkan egoku bukan satu hal yang mudah
Dengan kasih lembut kau pecahkan kerasnya hatiku
Beruntungnya aku dimiliki kamu (ku ingin engkau tahu)

Kamu adalah bukti dari cantiknya paras dan hati
Kau jadi harmoni saat ku bernyanyi tentang terang dan gelapnya hidup ini
Kaulah bentuk terindah (kaulah bentuk terindah) dari baiknya Tuhan padaku
Waktu tak mengusaikan cantikmu (mengusaikan cantikmu)
Kau wanita terhebat bagiku, tolong kamu camkan itu

(Semua yang jadi bukti tersimpan di dalam palung hati
Semua yang jadi bukti tersimpan di dalam palung hati)

Kamu adalah bukti dari cantiknya paras dan hati
Kau jadi harmoni saat ku bernyanyi tentang terang dan gelapnya hidup ini
Kaulah bentuk terindah (kaulah bentuk terindah) dari baiknya Tuhan padaku
Waktu tak mengusaikan cantikmu (mengusaikan cantikmu)
Kau wanita terhebat bagiku, tolong kamu camkan itu, tolong kamu camkan itu

Related Music Videos