News

5 Fakta tentang duetnya Raisa dengan Dipha Barus!

ayrussi / Thu, 15 November 2018

Dua musisi yang berbeda Genre, Raisa dan Dipha Barus yang terkenal dengan ranah EDM nya berkolaborasi dalam single terbarunya. Lewat kolaborasinya dengan seorang DJ dan sekaligus produser, Raisa berhasil menyajikan nuansa baru pada musiknya.

Raisa dan Dipha Barus pun bisa dibilang keluar dari zona nyamannya masing-masing dan mencoba bereksplorasi lebih jauh hingga akhirnya menghasilkan single serta video klip "My Kind Of Crazy".

Dari hasil kolaborasi ini, muncul 5 Fakta yang Mousaik dapatkan tentang lagu terbarunya Raisa dengan Dipha Barus yang berjudul "My Kind Of Crazy". Ada apa saja?

1. Menggunakan Frame Split

Selain di digital streaming, lagu ini juga bisa langsung di dengarkan melalui video klip yang di unggah ke youtube ataupun sebuah website khusus yang (raisa-dipha.com) mereka buat.

Uniknya, dalam video klip yang di buat, mereka mengusung konsep frame split. Sebuah Konsep video yang menyuguhkan 2 gambaran berbeda di dalam 1 frame. Konsep inilah yang akan kalian lihat pada video klip My Kind of Crazy. Sehingga bukan hanya dari segi genrenya saja yang fresh, tapi juga konsep video klipnya.

Kalau bicara tentang konsep frame split, Dipha Barus memberikan informasi terkait alasan dibalik pemilihan konsep ini. Menurut Dipha, konsep ini dipilih karena paling bisa menggambarkan 2 perbedaan di antara dirinya dan Raisa.

"Karena menggambarkan dua dunia aja sih. Kayak dua dunia berbeda jadi satu. Sama seperti pertanyaan-pertanyaan orang-orang, 'Gimana cara menyatukan kayak istilahnya dua dunia yang berbeda?' Tapi ternyata bisa juga. Perbedaan itu kalau misalnya diambil perbedaan yang bagus-bagus itu jadi visual yang cantik juga," jelas Dipha Barus.

2. Bereksplorasi dengan musik Lo-Fi

Kalau kita mendengarkan musik di lagu ‘My Kind of Crazy’ terdengar cukup jelas suara-suara gemericik yang diciptakan dari gesekan vinyl dan turntable. Hal itu biasa ada dalam lagu-lagu EDM tipe lo-fi yang kerap digunakan sebagai terapi dan self-healing.

Dipha pun mengaku kalau dia memang sengaja menaruh sentuhan-sentuhan lo-fi dalam lagu ‘My Kind of Crazy’, karena dari situlah single ini bisa menunjukkan pembeda lagu dari lagu solo Raisa dan Dipha sebelumnya. “Kayaknya asyik aja gitu menggabungkan suara Raisa yang R&B dan beat lo-fi ditambah sedikit jazz juga. Jadinya kayak eksperimental,” ucap Dipha.

3. Dibuat Cuma hanya 1 hari

"Kebetulan sih lagu yang ini salah satu lagu yang kita ngerjainnya sehari ya. Cepat, terus langsung dapet, enggak terlalu direncanakan macem-macem ya, langsung jadi aja," kata Raisa.

Dalam lagu ini, penulisan lirik dilakukan oleh Raisa. Sedangkan Dipha bertugas mengaransemen musik. Raisa menjelaskan, lagu berbahasa Inggris yang ditulisnya itu berbicara tentang cinta.

4. Udah Ngerencanain Pas Pertama Kali Ketemu 

Sebelum perilisan lagu ini, Dipha Barus sempat kasih flashback ke kita kapan Dipha dan Raisa awal kali bertemu. "Pertama kali ketemu sis @raisa6690 tanggal 15 Desember 2013!" tulis Dipha dalam captionnya di Instagram.

Dari awal pertemuan itulah sebenarnya mereka telah terbesit ide untuk kolaborasi bersama. Tapi karena kesibukan masing-masing, akhirnya baru terealisasi saat ini.

“2013 itu obrolan pertamanya di acara running. Terus, Dipha dan Raisa nyanyi Indonesia Raya di garis start. kayaknya itu deh pertama mereka ngobrol di situ, subuh-subuh,” kata Boim perwakilan dari Juni Records.

Tri perwakilan dari Pon Your Tone pun menambahkan kalau obrolan Dipha Barus dan Raisa tidak berlanjut hingga akhirnya mereka bertemu lagi saat di acara penganugerahan musik pada tahun 2016. Sejak saat itu, Tri mulai menghubungi Boim untuk menyusun rencana kerjasama antara Juni Records dan Pon Your Tone.

 5. Raisa Langsung Umumkan Konser Tunggal

Beberapa jam setelah merilis single "My Kind Of Crazy", Raisa mengumumkan kalau dia akan menggelar intimate konser yang bertajuk "Fermata". Seperti kita ketahui, Raisa kini sedang berbahagia dengan kehamilannya.

Di lain hal, ini menandakan bahwa dia akan mengambil 'cuti' sementara dalam dunia hiburan. Dan sebagai 'Tugas Akhir' untuk cuti, Raisa akan menggelar konser tunggal ini. Diberi nama Fermata karena mempunyai kandungan arti di dalam istilah musik piano musik klasik itu sering biasa dipakai, yang artinya pause, rest, atau hold.

Dirinya ingin konser Fermata ini bisa lebih intimate antara Raisa dengan fans. Konser ini sekaligus sebagai ucapan terima kasih untuk para penggemarnya.

Dan mungkin, bisa jadi single "My Kind Of Crazy" menjadi single terakhir raisa dalam masa rehatnya. Ataukah Raisa akan memberikan kejutan single terbaru ketika mendekati hari-H konsernya? Mari kita tunggu selanjutnya.

Itulah 5 Fakta tentang lagu terbarunya Raisa dengan Dipha Barus yang berjudul "My Kind Of Crazy". Sebagai penutup, mari kita lihat lagi video klip mereka dibawah ini.

 

Related Article