News

AMI Awards Bersiap Menciptakan Sejarah Baru di Akhir November 2019

Andri Respati / Tue, 08 October 2019

Bagi kamu yang belum tau apa itu AMI Awards, AMI yang merupakan singkatan dari Anugerah Musik Indonesia adalah ajang penghargaan musik tertinggi bagi industri musik di Indonesia. Pada tahun 2019 ini, AMI Awards memasuki tahun ke-22 penyelenggarannya, hal ini yang Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) lakukan sebagai bukti nyata dalam hal mengapresiasi dan memberikan kontribusi kepada insan musik di Indonesia.

AMI Awards pada edisi kali ini mengusung tema "Musik Bahasa Dunia", tentunya tema ini saling berkaitan dengan tema-tema yang sudah pernah dimunculkan pada AMI Awards edisi sebelumnya, seperti pada tahun 2016 AMI Awards muncul dengan tema "Music Is My Identity", dilanjutkan dengan tema "Musik Tanpa Batas" pada tahun 2017, dan kemudian pada tahun 2018 mengangkat tema "Satu Musik Indonesia". 

Tema "Musik Bahasa Dunia" pun dipilih dikarenakan setelah diamati karya-karya musisi Indonesia dirasa sudah semakin meningkat secara kualitas, kemudian sudah bisa bersaing dengan karya musisi luar negeri, dan bahkan bisa dinikmati oleh penggemar musik di mancanegara. 

Pada tahun ini, AMI mendapatkan 1.973 karya yang didapatkan dari pendaftaran online, sistem pendaftaran online ini sendiri sudah diperkenalkan oleh AMI sejak 2017, tentunya karya-karya tersebut dikurasi secara kompeten oleh para entrees.

Kalau kita berbicara dari sisi nominasi, beberapa kategori cukup menarik perhatian, misalnya dari kategori "Artis Solo Pria Pop Terbaik" Judika dan Kunto Aji akan bersaing dengan penyanyi penyanyi muda berbakat seperti Pamungkas, Andmesh Kamaleng, dan juga Ardhito Pramono yang datang dengan single hits terbaik dari mereka.

Kemudian, akan terjadi persaingan yang sangat seru untuk kategori "Duo/Grup/Grup Vokal/Kolaborasi Alternatif", karena akan diisi oleh .Feast, Barasuara, Elephant Kind, Pee Wee Gaskins, dan Tashoora.

Tidak hanya sampai disitu, ada hal yang membanggakan datang dari project Laleilmanino yang berhasil masuk 3 nominasi yaitu, "Pencipta Lagu Pop Terbaik", "Penata Musik Pop Terbaik" dan "Produser Rekaman Terbaik", masuk kedalam 3 nominasi ini semakin mengukuhkan mereka sebagai pihak di belakang layar yang sangat laris manis pada tahun ini.

Malam puncak "Penganugerahan AMI Awards" bisa kamu saksikan pada tanggal 28 November 2019 dan akan disiarkan langsung oleh salah satu televisi swasta di Indonesia.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kategori dan nominasi kamu bisa cek langsung dengan cara mengunjungi social media AMI Awards.

Related Article