News

Apa Maksudnya A&R? Penting Nih Dalam Industri Musik!

Michelle Budiman / Mon, 23 December 2019

Kalau kita dengar term ‘industri musik’, biasanya kita langsung kepikiran seorang artis atau sebuah band yang kita suka. Industri musik tentunya berkaitan dengan para musisi yang kita sering lihat dan dengar dimana-mana, dan seringnya hanya itu saja yang kita tahu. Tapi dalam industri musik, masih banyak loh terms yang kita bisa pelajari. Kalau lo punya rencana untuk bekerja dalam industri musik atau hanya suka dengan hal tersebut, lo wajib tahu tentang term ini, yaitu A&R.

A&R atau Artists & Repertoire merupakan sebuah divisi dalam label musik atau publishing company yang bertanggung jawab dalam merekrut artis (atau band) untuk sebuah record label. Mereka juga bertanggung jawab untuk membantu perkembangan artis (atau band) secara artistik dan juga komersial. Nggak hanya itu, mereka pun menjadi jembatan antara artis (atau band) dan record label.

Orang A&R memiliki otoritas untuk meng-iya-kan atau meng-nggak-kan sebuah deal jika menurut mereka kurang sepadan atau tidak cocok dengan artis (atau band) mereka. Walau begitu, mereka tidak punya kekuasaan penuh ya untuk mengatur. Mereka memiliki suara yang cukup didengar, namun tidak semuanya mereka yang atur. Tentunya artis (atau band) dan record label juga harus ikut campur dalam hal music, marketing, konsep, dan lain-lain.

Seorang A&R dari video CREO “Confessions of an A&R Scout” mengaku bahwa beliau menyaring 2000 – 3000 artis dan band dalam 1 minggu. Berarti, dia menyaring 500 artis dan band sehari. Udah gitu, biasanya dia baru dapat yang dia suka setelah sebulan mencari (dan itu dia cuma nemu 1, by the way). Gila nggak sih? Jadi, pekerjaan seorang A&R tuh ribet dan susah banget, not to mention puyeng. Lo harus bisa mencari talent yang cocok dengan target audience, sesuai dengan marketing strategy, namun yang membawa suatu hal yang menyegarkan untuk generasi muda ini.

Nah, sekarang lo udah tahu kan tentang term A&R dalam industri musik. Terdengar seru walau mumet, tapi menurut gue sih ini keren banget. Props to you A&R people!



Related Article