News

Bagaimana Caranya Membuat Video Klip?

Michelle Budiman / Mon, 02 December 2019

Mungkin disini ada yang lagi pengen memulai suatu hal baru. Dengan berakhirnya tahun 2019 sebentar lagi, tentunya kita akan melakukan apa saja agar tahun ini menjadi tahun yang memorable untuk mempersiapan diri kita untuk 2020. Nah, untuk kalian yang ingin melakukan suatu hal baru ini untuk dikenang, coba deh bikin video clip! Baik itu dengan keluarga atau teman-teman maupun dengan diri sendiri, membuat video clip itu suatu hal yang sangat memuaskan!

Melakukan hal ini butuh sebuah komitmen yang sangat ya, karena lo nggak bisa sembarangan. Ya, bisa aja sih, tapi kalau mau hasil yang keren dan memorable, tentunya lo butuh effort yang lebih. Nah, ini beberapa hal yang lo bisa lakukan untuk membuat video clip:

Membuat konsep terlebih dahulu

Berhubung ada banyak orang yang nggak membuat konsep terlebih dahulu sebelum melakukan sebuah aksi (alias gue), ini perlu banget di highlight. Lo harus tahu dulu apa yang lo mau bikin, pesan apa yang ingin disampaikan, dan bagaimana mencapai proses tersebut.

Menyempurnakan ide

Walaupun lo udah buat konsep, lo nggak harus me-limit ide-ide lo. Tulis aja semuanya! Siapa tahu ada 1 diantara banyak ide itu yang lo bisa gunakan. Jadi, pikirin ide nya dan coba pikirin secara mendalam.

Jangan dislokasi orientasi

Maksudnya gue, lo harus tahu lo mau bikin lokasinya dimana, dan make sure lo bener-bener tahu lokasinya seperti apa. Jangan cuma lihat di Internet doang. Datengin dulu, survei. Kalau cocok dengan selera atau konsep video lo, hajar!

Bikin storyboard

Ini merupakan ha yang sangat malesin kalau menurut gue, tapi ya memang cukup penting sih. Storyboard membantu lo melihat keseluruhan dari konten lo, biar lo bisa tahu apa yang harus ditambah atau hilangkan.

Cari model

Kalau lo mau ada orang-orang lain di dalam video clip lo, cari dulu ya! Jangan sampai lo udah siap mau bikin video, terus lo nggak ada aktor atau aktrisnya. Unless lo emang pengennya yang di shoot diri lo sendiri.

Cari crew pembuatan video

Kalau lo mau membuat video clip kecil-kecilan, ya 1 atau 2 orang crew sudah cukup. Tapi, kalau lo mau membuat sebuah proyek video clip besar-besaran, tentunya lo membutuhkan jauh lebih banyak orang. Contohnya kayak Director of Photography (DOP), Fashion Stylist, MUA, Lighting, Gaffer, Set Decorator, Storyboard Artist, Editor Sampai Kalau lo mau buat Behind The Scene-nya ya disarankan ada crewnya sendiri biar gak kecampur aduk!

Nah tinggal kantong nih cocoknya yang mana, hehehe

Let’s shoot!

Cari angle yang sesuai, harus tahu timing yang sempurna - Harus ada berapa kamera yang ada? Pastikan semuanya sudah lengkap dan bags. Jangan sampe ada sesuatu hal yang ketinggalan, kalau nggak hancur deh video clip lo.

Edit-dit-dit-dit!

Ini adalah proses yang PALING seru. Lo bisa nggak tidur berminggu-minggu karena harus mengedit video clip lo, tapi ini merupakan suatu hal yang sangat luar biasa sih. Kalau lo diberi kesempatan untuk mengedit video clip lo sendiri, gue yakin lo pasti lebih appreciate orang-orang video editors atau cinematographers diluar sana. Biasanya, orang pake Adobe Premiere Pro, tapi kalau lo cuma punya iMovie...ya nggak apa-apa juga sih.

Gabung lagu dan video tersebut

Kalau lo udah buat lagu dan di dalam video clip tersebut, lo atau model lo ada mengatakan lirik-liriknya, pastikan gerakan mulut disesuaikan dengan lagu ya. Ini cukup rumit dan harus detil sih, tapi harus bener. Jangan sampai nggak loh ya!

Finishing touches and voila!

Percantiklah video clip lo. Kasih efek-efek apa gitu yang lo suka. Kalau menurut lo video clip nya sudah cukup, berarti udah jadi! Congratulations, you just made your very own video clip!

Related Article