News

Enam Topik yang Lo Bisa Pake Untuk Membuat Sebuah Lirik!

Michelle Budiman / Thu, 24 October 2019

Gue yakin diantara sekian banyak pembaca artikel Mousaik, ada yang suka menulis puisi, lagu, atau bahkan novel. Semakin muda usia kita, semakin mudah bagi kita untuk berkarya, karena sudah begitu banyak orang yang lebih tua yang memberi kita inspirasi untuk membuat sebuah seni. Tapi kayaknya, beberapa bulan ini, yang gue denger cinta monyet, cinta mantan, cinta SMA, ditinggalin pacar, dan lain-lain.

I mean...okay.

Bukannya gue nggak mengapresiasi hard work mereka ya. Walau topiknya itu-itu lagi, musik mereka bagus-bagus kok! Sangat berkualitas. Gue yakin mereka sacrifice banyak waktu mereka, put all their effort into these songs. Gue salut sama semua orang yang disiplin, tekun dalam kariernya. Cuma, alangkah lebih baik jika para musisi Indonesia yang sedang naik daun atau ingin memulai karier dalam bidang musik mulai menggali topik-topik yang lebih meaningful. Gue kasih beberapa contoh ya.

Keluarga

Fans berat no. 1 lo diseluruh dunia ini adalah keluarga lo, mau itu kakak, adik, papa, mama, opung, kakek, tante, om, siapapun itu! Mereka yang mendukung lo dari kecil, bahkan dari sebelum lo lahir ke dunia ini. Coba ambil waktu untuk membuat sebuah karya untuk mereka, untuk memberi syukur kepada mereka.

Alam

Bukan asing lagi jika kita semua mendengar berita-berita buruk dan mengkhawatirkan tentang lingkungan kita. Polusi udara, sampah di sungai, hewan-hewan mati karena ketelan plastik - Ya, semua itu realita. Semua itu sangat mengganggu. Gimana ya caranya mengajak orang-orang untuk menghentikan semua itu? Selain menjadi panitia dan ikutserta dalam pembersihan lingkungan, lo juga bisa membagi karya lo mengenai hal tersebut, untuk menambah awareness lebih lagi.

Passion

Baru banget tadi malam adik gue ngomong kalau dia bingung mau jadi apa kalau sudah besar. Gue kaget, padahal waktu masih kecil, dia bilang dia mau jadi psikolog. Udah pasti banget tuh dia, terus tiba-tiba dia berubah lagi. Sepertinya ini adalah masalah banyak generasi muda. Karena memiliki hobi atau talenta terlalu banyak, skill dimana-mana, bukannya diasah, malah jadinya bingung. Nah, lo bisa banget nih komentar tentang hal tersebut. Langsung aja sikat!

Mencari Jati Diri

Gue punya banyak teman-teman yang masih gak pede dengan diri mereka sendiri. Gue juga punya teman-teman kaya raya yang masih belum tahu masa depan mereka akan seperti apa. Ada juga yang sudah menjadi orangtua, dan akhirnya menghentikan segala cita-citanya untuk menjaga anak-anaknya. Ini salah satu hal yang cukup berat bagi orang-orang. Coba lo kulik deh!

Mengasihi Diri Sendiri

Banyak diantara kita, bahkan teman sebangku lo yang lagi depresi. Mereka suka menyakiti diri sendiri, ibarat masokis deh. Lo bisa membantu mereka dengan cara hadir untuk mereka, memperhatikan mereka, dan memberi dukungan. Lo juga bisa membuat karya tentang self-love untuk menyebarkan kasih. Di bumi yang penuh dengan kejahatan, it’s nice to know that someone is out there still spreading love through their art.

Persahabatan

Siapa yang sudah mengalami persahabatan kayak si Cinta di Ada Apa Dengan Cinta? Gue belom pernah, jadi gue nggak tau mau ngomongin ini gimana HAHA. Tapi, gue yakin lo pernah mengalami momen-momen indah dimana lo terpuruk dan sahabat-sahabat lo lah yang menolong lo, yang ada buat lo through thick and thin. Coba kasih mereka apresiasi lewat karya-karya lo.

Ternyata banyak kan topik-topik yang lo bisa gali untuk berkarya? Nggak harus tentang si doi mulu yang bahkan nggak mikirin lo. Sukses terus ya berkarya! Lo semua keren deh.

Related Article