News

Grup Dekat Menjawab Pertanyaan Tentang Formasinya Melalui Video Klip FAQ

Surya Yudhis / Fri, 29 June 2018

Grup vokal DEKAT yang terdiri dari Kamga, Chevrina, dan Tata kembali merilis video klip terbaru mereka berjudul "Frequently Asked Question". Lagu ini seolah menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan kepada mereka tentang perubahan musik yang saat ini mereka bawa.

"Lagu 'FAQ' itu kami ciptakan dari pengalaman pribadi sejak Dekat lahir sampai detik ini. Soalnya kami suka gemas sama orang yang tidak riset dulu, padahal dia mau wawancara sama siapa, gue enggak tahu dia dadakan atau gimana," kata Tata. Pertanyaan-pertanyaannya yang sering dilontarkan akhirnya dicantumkan ke dalam liriknya seperti misalnya "coba teman jelaskan dekat itu apa? sama yang dulu dimana letak bedanya?"

Lalu pertanyaan"kenapa sekarang kalian jadi bertiga? lagu yang lama masih dibawakan atau tidak?" dan bahkan pertanyaan hubungan saat ini dengan personil sebelumnya "masih kontekan gak sama personel yang lama? gimana hubungannya?" 

Karena gemas dengan pertanyaan-pertanyaan itu akhirnya mereka jawab dengan lagu FAQ. Mereka sarankan untuk para pendengarnya coba mendengarkan lagu-lagunya terlebih dahulu dan tidak langsung banyak beropini tentang perubahan musik yang mereka bawa sekarang. Suka tidak suka ya itu urusan belakangan.

FAQ Berasal dari Beat yang diberikan oleh Music Director Dekat

Dikutip dari Kompas, Kamga bercerita "FAQ" lebih dulu tercipta dari dentuman atau beat yang diramu oleh music director Dekat, Marcellino Nugraha.DEKAT - FAQ MOUSAIK"Sebenarnya si 'FAQ' ini tadinya cuma beat yang judulnya 'Jungle'e', karena beat-nya nuansa jungle. Marcell bikin beat ini sudah lama, sudah dari awal 2015, terus dikasih ke gue tapi gue enggak tahu mesti bikin lagu ini seperti apa. Tapi gue suka lagu ini, akhirnya gue simpan dulu deh. Sampai akhirnya kami jadi empat lagu, pas sisa satu lagu lagi kami ingat beat ini," kata Kamga bercerita."Akhirnya karena Kamga belum dapat idenya, Kamga kasih beat ini ke gue, siapa tahu ini bisa jadi rap base kali ya. Nah gue bingung, lagu dark kayak gini, mood-nya enggak cocok buat lagu cinta. Entah kenapa gue terpikir ini sih buat ngebahas soal Dekat sih, soal orang-orang yang suka nanya-nanya gitu," timpal Tata. Berangkat dari ide itu, Tata langsung mencipta lirik pertama dengan nyanyian rapnya. "Begitu gue kasih, Kamga langsung dapat ide nyanyian, ternyata lagu ini harus dibuat rapnya dulu ya baru dibikin liriknya. Akhirnya nafsu untuk bikin lagunya jadi aja," ujarnya.

Video Musik kedua dalam EP "Meranggas"

Lagu ini menjadi video klip kedua mereka setelah sebelumnya mengeluarkan video klip "Berkhayal". Lagu "Frequently Aksed Question" dan "Berkhayal" dapat ditemukan dalam Album mini/Extended Play(EP) yang bertajuk "Meranggas" yang dirilis maret 2016 lalu. Sebelumnya DEKAT juga telah mengeluarkan EP pertama mereka bertajuk "Lahir Kembali" di tahun 2014.

Album "Meranggas"

Kamga, Tata, dan Chevrina yang dulunya kita kenal sebagai personil Grup vokal Tangga, yang telah berdiri sejak 2005 silam. Tangga yang dulu juga diperkuat oleh vokalis Nerra Merlin, telah merilis empat album penuh berjudul Tangga, Cinta Begini, OST. Lost in Love, dan Utuh. Perjalanan grup Tangga diakhiri dengan sebuah lagu "Tak Kemana-mana" pada bulan Mei 2014 lalu.

Berselang beberapa bulan setelah lagu perpisahan tangga, pada bulan september 2014 mereka merilis "Lahir Kembali" dan bertransformasi menjadi grup DEKAT dengan tiga personil tanpa Nerra Merlin. Kenapa bisa dibilang bertransformasi??karena dari lagu-lagunya berbeda sekali dengan nuansa pop ballad yang ada di Tangga. lagu-lagu DEKAT seakan mengeluarkan sisi 'Gelap' dari seluruh personilnya. Dan juga mereka memoles lagu-lagunya dengan menambah bumbu musik Electronik yang kekinian.

Penasaran dengan lagunya? langsung saja simak videonya dibawah ini!

Bagaimana menurut kamu dari lagu terbarunya DEKAT?

Related Article