News

Jatuh Bangun dan Kisah Hidup Reza 'Arap' dalam Sm:)le

Kezia Maharani / Fri, 28 September 2018

Satu lagi YouTuber Indonesia masuk ke dunia tarik suara, adalah Reza Oktovian atau yang akrab dipanggil Reza arap, yang sekarang bahkan punya nama ‘panggung’ Rapyourbae. Reza pertama kali mengawali karirnya di YouTube di tahun 2011, saat itu Reza menyebut dirinya Youtuber dalam kategori gaming.

Setelah beberapa waktu berlalu, Reza kemudian melirik dunia tarik suara dan bergabung dengan Eka Gustiwana dan Billy Taner untuk membentuk grup musik beraliran EDM bernama Weird Genius. Manggung di sana sini dan menghasilkan beberapa karya, Reza kemudian melebarkan lagi sayapnya dan merilis sebuah extended play (EP) miliknya sendiri yang berjudul ‘Sm:)le’.

EP ini berisi total 6 lagu yang dirilis tepat pada 10 September kemarin. Selanjutnya, Mousaik bakal bongkar EP punya Reza ini, buat tau lengkapnya, keep on reading!

1. 10HD

Track pertama dalam EP ini cuma berdurasi 44 detik. Bisa dibilang, 10HD merupakan ‘intro’ untuk EP ini. 10HD berisi lirik pendek yang lebih bisa dibilang ‘dibacakan’ daripada dinyanyikan oleh Reza, dengan nada-nada khas lo-fi yang terdapat di paruh terakhir 10HD.

 

2. Demigod

Demigod berisi rap-rap dengan flow lambat, berkisah tentang sang penyanyi yang merasa sendirian dan asing layaknya seorang manusia setengah dewa. ‘Inside my head, I need to be accepted, I’m alone I’m alone I’m Demigod’.

3. Nimbus

Track ketiga dalam ‘Sm:)le’ ini masih dinyanyikan dengan nada dan lirik-lirik sedih. Nimbus menyampaikan pesan bahwa sang penyanyi merasa dalam keadaan yang sangat suram, seperti berada di bawah awan ‘nimbus’ yang biasanya adalah awan pembawa hujan sebagai penanda kesedihan.

4. Misunderstood

Dalam lagu ini, Reza menggaet Fathia Izzati, seorang YouTuber sekaligus vokalis dari band Reality Club untuk menyampaikan pesan-pesan bahwa kedua penyanyi merasa sedang berada dalam kesalahpahaman. Lagu dibuka dengan suara perempuan yang akrab disapa Chia, menyanyikan lirik dengan iringan nada-nada elektro swing bertempo lambat, dilanjutkan Reza yang menimpali lirik-lirik tersebut. ‘But when I’m down and low my feelings are misunderstood’.

5. Virtual Hug

Salah satu penggalan lirik yang menonjol dalam lagu ini adalah ‘I’m alone’ dan ‘I lose myself at midnight’. Reza lagi-lagi menceritakan tentang dirinya yang merasa sendirian dan kesepian di saat-saat tertentu, terutama pada waktu malam. Sang penyanyi bahkan nggak tau hal apa yang sebenarnya dia inginkan dalam lagu ini.

6. Sm:)le

Lagu yang berjudul sama dengan judul EP-nya ini dibawakan dengan tone yang sedikit lebih cerah daripada lagu-lagu sebelumnya. Bahkan, di pertengahan lagu, Reza mengucapkan terima kasih untuk orang-orang yang telah mendengarkan lagu-lagu pada EP ini. Lagu ini juga memiliki lirik-lirik yang positif untuk para pendengarnya.

Buat yang belum pernah denger dan penasaran, lagu-lagu dari Reza ini pantes buat didengerin kalau lagi santai atau lagi dalam mood buat dengerin lagu-lagu berlirik sedih. Video untuk lagu-lagu ini sebenarnya ada di channel YouTube Reza, tapi karena suatu masalah, Reza menghapus channel-nya yang sekaligus berisi video-video dari lagu tersebut. Tapi, jangan sedih guys karena kita masih bisa denger lagu-lagu Reza dari media streaming lainnya.

 

Related Article