News

JKT48 Kolaborasi dan Barter sama AKB48

Analuna manullang / Fri, 14 September 2018

Hubungan kakak-adik JKT48 dan AKB48 semakin erat, nih! Baru-baru ini mereka kolaborasi dan kembali ngerjain project bareng. Dilansir dari Kompas, JKT48 dan AKB48 sama-sama tampil di acara JAK-Japan Matsuri yang diadakan di Gelora Bung Karno (GBK) kemarin (9/09).

Saat tampil, JKT48 membawakan lagu-lagu AKB48 dengan bahasa Jepang, sementara AKB48 juga membawakan lagu-lagu JKT48 dengan bahasa Indonesia. Kembali dilansir dari Kompas, lagu “Kibouteki Refrain”, “First Rabit”, “Koisuru Fortune Cookie”, dan “Hikoukigumo” adalah lagu-lagu yang dibawakan dalam penampilan tersebut.

Selain penampilan yang menarik karena saling berbagi kebudayaan antara bahasa Indonesia dan bahasa Jepang, JKT48 dan AKB48 juga memberikan pengumuman penting yang berhubungan sama hubungan kenegaraan antara Indonesia dan Jepang, lho!

Dilansir dari Kompas, Melody Nurramdhani Laksani, General Manager JKT48 menyampaikan pengumuman tersebut setelah penampilan lagu “Koisuru Fortune Cookie”!

“Akan ada pertukaran pelajar antara JKT48 dan AKB48. Dua member tersebut akan menjadi duta dan tampil di teater masing-masing. Member-nya adalah Saya Kawamoto daro tim 4 AKB48 dan Stephanie Pricilla dari tim J JKT48,” jelas Melody.

Walaupun sebutannya “Pertukaran Pelajar JKT48 dan AKB48”, ternyata program ini juga menjadi tugas kenegaraan lho bagi dua anggota tersebut. Dilansir kembali dari Kompas, program pertukaran anggota JKT48 dan AKB48 selama satu bulan ini juga dilakukan sebagai pendukung persahabatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia, lho!

Pertukaran yang dilakukan juga melalui banyak proses! Stephanie, yang akrab dipanggil Stefi, member JKT48 yang akan mewakilkan JKT48 di AKB48 harus melalui tahap audisi, yaitu melakukan presentasi untuk mempromosikan diri mereka, tentang apa saja program yang akan dilakukan untuk mendukung persahabatan antara JKT48 dan AKB48.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Stephanie Pricilla (@jkt48stefi) on

Stefi pun menjelaskan, kalau ada tiga hal yang dia presentasikan pada saat audisi, yaitu tentang pengalamannya belajar bahasa Jepang selama dua bulan, tentang pengalamannya yang sudah pernah masuk ke semua tim di JKT48, dan yang terakhir adalah prestasi yang sudah di capai Stefi, seperti terpilih audisi dance untuk Uza.

Hal yang sama juga dilakuin oleh Saya Kawamoto yang akan mewakilkan AKB48 di JKT48, lho! Perempuan berumur 20 tahun yang berasal dari Hokkaido, Jepang, ini sudah membekali dirinya dengan kata-kata yang sering diucapkan dalam bahasa Indonesia, seperti sapaan salam kenal.

“Saya belajar bahasa Indonesia belum banyak. Saya belajar dari, misalnya, perkenalan dan beberapa lagu JKT48. Saya menghafal sedikit-sedikit dalam bahasa Indonesia,” jelas Saya Kawamoto yang dikutip oleh Kompas.

Wah, Semoga lewat pertukaran pelajar JKT48 dan AKB48 hubungan diplomatik dan budaya antara Indonesia dan Jepang semakin erat, ya! Sukses untuk Stefi dan Kawamoto!

Related Article