News

Kenalan Lebih Dekat Sama Cocoblue, Band Yang Terbentuk Sejak SD!

Surya Yudhis / Sat, 25 August 2018

Kali ini Mousaik memperkenalkan Cocoblue, Grup band dengan 3 anggota yang terbentuknya dari SD! Beberapa waktu yang lalu Mousaik dapet kesempatan untuk mewawancarai dua anggota Cocoblue, ngomongin tentang profil dan single baru mereka! Yuk langsung aja cari tahu siapa itu Cocoblue!

Terbentuk dari SD

Salah satu cerita unik tentang Cocoblue adalah sejarah terbentuknya, kalau band-band biasanya terbentuk dari teman-teman SMP, atau teman SMA, atau teman kuliah, Cocoblue terbentuknya bertahap. Cocoblue yang sekarang beranggotakan Yohanes Manuel (vocal), Hezkiel Budyana (bass), dan Kevin (drum) awalnya terbentuk dari pertemanan Kevin waktu SD!

“Gue sama Kevin udah nge-band dari SMP, kita waktu itu punya band tapi nggak sama si Iyo (panggilan akrab Yohanes Manuel), masih gue, Kevin, sama temen-temen SMP waktu itu. Setelah lulus SMP, Kevin pindah sekolah dan ketemu sama Iyo, baru si Kevin ngenalin Iyo ke gua,"

“Sebenernya kita berempat, ada satu lagi namanya Febian, dia main keyboard, temen SD-nya Kevin. Jadi Cocoblue ini sebenernya terbentuknya dari SD, SMP, SMA. SD si Kevin ketemu Febian, SMP gue ketemu sama Kevin, pas SMA Kevin ketemu sama Iyo, udah ketemu semuanya baru kita ngeband,” cerita Hezkiel yang akrab dipanggil Hezki.

Sayangnya, karena beda-beda kampus, formasi Cocoblue yang berempat berkurang jadi bertiga, Kevin, Iyo, dan Hezki kuliah di daerah Jabodetabek, sementara Febian kuliah di Bandung, ini jadi kesulitan untuk ketemuan, latihan, dan yang pastinya manggung.

“Kita semua beda kampus, Febian kuliahnya di luar kota, di Bandung. Kita yang di Jabodetabek aja susah ketemu, mau latihan segala macem, gimana yang di Bandung? Akhirnya, ya udah, Febian ngundurin diri, akhirnya kita jalanin bertiga sampai sekarang,” kata Hezki.

Selain cerita latar belakang terbentuknya yang unik, ternyata nama Cocoblue juga diambil karena salah denger lirik lagu, lho! Karena kedengerannya keren, akhirnya Cocoblue dipilih deh jadi nama band!

“Kita lagi cari-cari nama sambil dengerin lagu, lupa lagunya siapa, terus kita ada salah denger lirik, harusnya bukan cocoblue, tapi kita dengernya cocoblue, akhirnya kita mikir cocoblue keren juga,” cerita Hezki.

Bukan cuma karena keren, Kevin juga jelasin arti nama Cocoblue ke Mousaik,

“Coco, kenapa? Karena coco itu kan bahasa Inggrisnya kelapa, dari coconut, nah, kelapa itu semua bagiannya berguna, jadi kita berguna. Terus blue itu melambangkan musik kita, karena kita banyak memproduksi lagu-lagu yang bikin baper, contohnya lagu yang baru ini,” jelas Kevin.

Vokalis Yang Juga Jago Nge-rap!

 

A post shared by Cocoblue (@cocobluemusic) on

Latar belakang terbentuk yang unik, sejarah nama yang unik, satu lagi yang unik dari Cocoblue adalah vokalisnya! Ternyata selain suara yang keren, Iyo juga punya potensi yang kalau kata Hezki masih dirahasiain dan munculnya cuma waktu Cocoblue tampil live!

“Kalau kita live, uniknya kita adalah vokalis kita, Iyo. Dia kayak diberi talenta oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, suaranya oke banget, terus selain itu dia bisa nge-rap! Nge-rapnya asik banget, jadi kalau Cocoblue live, orang musti banget nonton, karena kita bakal keluarin semua potensi yang kita punya di situ,” jelas Hezki.

Selain itu, Cocoblue aransemen dan produksi lagu sendiri, Cocoblue juga nggak pakai higher music director! Cocoblue sendiri mengusung genre RnB dan Soul dengan Brian McKnight dan Boyz 2 Men sebagai muse musik yang mereka hasilkan.

Single Baru Tentang Bunga dan Cinta

Setelah single pertama mereka, Intentions, yang dirilis pertengahan tahun 2016 lalu, denger di sini:

Di awal tahun 2018 kemarin, tepatnya di tanggal 26 Februari, Cocoblue kembali merilis single baru dengan judul Berikan Dia Bunga yang juga dibuat dalam bentuk music video!

Mousaik ngerangkum inti dari lagu "Berikan Dia Bunga" dengan kalimat yang sering kita denger sehari-hari, yaitu “Teori lebih gampang daripada praktek”! Di lagu ini dijelasin bagaimana kayaknya teori ngasih bunga ke orang yang kita suka, terus ngebuat mereka jatuh cinta sama kita itu kayaknya gampang banget, padahal prakteknya mah, susah!

Hezki dan Kevin, kurang Iyo, yang waktu itu ditemuin sama Mousaik juga nyeritain latar belakang lagu dan music video "Berikan Dia Bunga". Kalau kata Hezki, lagu ini adalah pengalaman pribadinya si Iyo sendiri!

“Kalau datanya ke Iyo, dia pasti bilang karena itu dari pengalaman pribadi dia. Lagu ini menceritakan tentang mendambakan orang lain, dan juga mempertanyakan ‘kenapa sih gua harus suka sama cewek yang udah punya cowok?’, terus ‘kenapa sih orang pengen buat dapet pacar? alesannya tuh apa sebenernya?’, arti lagu ini sama sih buat kita semua,” cerita Hezki.

“Kan masalah milenial banget,” tambah Kevin.

Lagu yang liriknya dibuat oleh Iyo, dan musiknya digarap bersama-sama anggota Cocoblue ini ternyata diproduksi dari konsep, storyboard, bahkan sampai akting juga sama anggota Cocoblue sendiri, lho!

“Awalnya mau dibikin serius, sesuai sama lirik lagu itu, cuma karena kita memang orangnya susah serius, jadi kita tambahin lucu-lucunya juga, jadi nggak serius-serius banget, biar yang nonton nggak cuma terhibur secara musikal, tapi juga bisa ketawa karena videonya, gitu,” cerita Hezki.

Apresiasi dari Media Sosial

Udah sering tampil dan berkarya, Cocoblue pastinya punya cerita suka dan duka tersendiri. Salah satu duka yang dirasakan Cocoblue adalah kalau lagi susah cari additional player untuk perform.

“Kita kan bertiga, kalau kita mau live performance, kita butuh player lain, sedangkan cari player lain kan nggak gampang, jadwalnya nggak cocoklah, atau lagi nggak bisa karena kenapa, itu jadi salah satu penghambat. Lumayan juga, soalnya harusnya kita bisa lebih banyak perform,” cerita Hezki.

Ada duka, ada suka, sukanya Cocoblue adalah apresiasi dari teman-teman, kerabat dekat, terhadap karya yang mereka hasilkan dari postingan media sosial.

“Waktu kita lagi keluarin karya, single atau video klip, nggak nyangka aja dari temen-temen responnya bagus-bagus. Gua pribadi merasakan kayak ‘wah gila ternyata banyak yang suka, ya’, rasa senengnya sih nggak karuan,” cerita Hezki.

“Kemarin kita baru rilis yang Berikan Dia Bunga itu, gua nggak nyangka tiba-tiba ditelpon sama radio di Aceh, kita mikir ‘wah tau dari mana?’, rupanya lagu kita masuk playlist spotify, mungkin taunya dari situ, terus kayak banyak juga orang dari Bali yang dengerin. Yang buat seneng kan kayak gitu, ternyata kita nggak cuma bisa menjangkau orang yang udah kita kenal, tapi yang nggak kita kenal sama sekali, yang nggak kita expect pun mereka bisa tau kita,” tambah Kevin.

Suka-duka yang dialami Cocoblue pun membuat mereka jadi lebih pengen terus berkarya, Cocoblue pun berencana akan melakukan showcase di beberapa tempat, dan rencananya akan diadakan di luar kota juga, lho! Buat kalian yang suka sama lagu-lagunya Cocoblue, follow Cocoblue di Instagram mereka @cocobluemusic subsrice juga YouTube mereka di Cocoblue Music!

Related Article