News

Keresahan Dalam “WHY?” Membuat Gue Keresahan Juga

Michelle Budiman / Mon, 07 October 2019

Rendy Pandugo merupakan salah satu musisi Indonesia yang gue suka dari tahun 2016. Lagu paling pertama yang gue denger dari dia adalah “I Don’t Care”. Dari situ, gue jadi dengerin dia terus. Baru-baru ini, Rendy mengeluarkan lagu berjudul “Why?”. Awal mendengar lagu ini, gue kira tentang cinta monyet lagi. Ternyata, makna dibalik lagunya lebih dalam dari itu!

Kalo lo pada udah denger lagunya sambil baca lirik, gue yakin awal-awal lo ngerasa ini lagu tentang cinta monyet lagi. Gue juga awalnya begitu, tapi setelah research maknanya, gue lega bukan tentang itu. Udah terlalu banyak hey yang nulis lagu-lagu cinta monyet, sampe muak! Lagu Rendy Pandugo kali ini tentang spreading love ke masyakarat, baik di virtual reality maupun di kehidupan kita sehari-hari.

Lebih lanjut, lagu ini sebenernya terinspirasi oleh “Heal the World” nya Michael Jackson. Menurut Rendy, makna lagu “Why?” dengan “Heal the World” cukup mirip, sama-sama ingin menghentikan orang-orang disekitar untuk menyebarkan kebencian dan ingin membangun strong foundation dengan kasih.

Distracted by the time, surrounded by the lies, we are broken by the words.

Begitulah kira-kira sebuah snippet dari lagunya Rendy. Disini dia menjelaskan apa yang membuat dia gelisah atau resah beberapa waktu ini. Dia pun yakin banyak orang yang memikirkan hal yang sama. Kita semua penuh dengan kebencian. Nggak ada yang bisa mendukung atau memedulikan satu sama lain. Semuanya sangat bodoamat, terutama kalau udah bermain media sosial. Mencaci maki orang dengan Internet sudah sangat mudah. Terbiasa pula melakukan hal itu. Ya, nggak heran ada musisi yang nulis tentang lo pada begitu.

Jadi, apa sih hidden message lagu “Why?” ini? Ya tentunya, jadi orang jangan menyebar kebencian! Belajar dari kesalahan ini, karena banyak banget orang yang jatuh dalam depresi atau jadi bitter juga karena hal itu. Mind your words. Jadilah masyarakat Indonesia yang berkelas dan tidak menyebar kebencian, melainkan memberi saran dengan penuh kasih agar orang-orang lain belajar.

Yaudah dari pada berpanjang lebar ngebahas tentang lagunya mungkin lebih baiknya kita tutup dengan dengerin lagunya langsung! Jangan lupa ya dengerin lagunya di digital platform favorit kalian!

Related Article