News

Ketika Hip Hop Jadi Kiblat Fashion Para Generasi Z

ayrussi / Wed, 19 September 2018

Halo generasi Z (dan generasi lainnya)! Baru-baru ini MOUSAIK baca satu artikel yang dibuat oleh Tirto.id tentang eksistensi genre musik ditengah-tengah kalangan generasi Z. Riset yang dilakukan Tirto.id terhadap 1.201 responden generasi Z, yang sekarang berumur 7 sampai 21 tahun, adalah seperti ini:

“Secara umum, 46,2 persen responden yang tinggal di Jakarta, Bandung, Denpasar, Surabaya, Tangerang, dan Yogyakarta menyukai jenis musik pop barat. Lalu diikuti pop Indonesia (26 persen). Apakah rock di peringkat 3? Ternyata tidak. Ia masih kalah dari K-pop (8,7 persen). Sedangkan musik rock hanya disukai 7,4 persen.

Berdasarkan jenis kelamin, musik rock disukai oleh responden laki-laki. Itu pun hanya di peringkat tiga (14 persen) setelah pop barat (38,3 persen) dan pop Indonesia (26,1 persen).”

Wah, gimana nih pendapat kalian? Di artikel itu juga dijelasin kalau genre musik Rock memang sekarang, baik di Indonesia maupun di luar negeri, digandrungi oleh orang tua, maklum, musik masa muda mereka.

Tolak ukur berkurangnya popularitas genre musik rock di Indonesia yang dipaparkan oleh Tirto.id adalah data dari aplikasi streaming lagu Spotify, dan keliatan banget kalau lagu-lagu yang masuk playlist hits yang dibuat spotify kebanyakan adalah lagu-lagu pop, EDM, dan hiphop yang paling mendominasi!

Benar saja, musisi yang menyanyikan lagu dengan genre hiphop seperti Drake, Rihanna, Justin Bieber, dan Kanye West, dipaparkan oleh data Tirto.id, menjadi musik yang paling banyak didengar di Spotify pada tahun 2016!

Nah, lagu-lagu pop barat yang kebanyakan didominasi sama lagu-lagu hiphop tentunya jadi dampak perkembangan pop culture di tengah anak-anak muda, nih! Salah satu dampak musik hiphop bisa kita lihat dari cara berpakaian dan aksesoris yang lagi hits! Apa aja sih? Yuk coba kita tela'ah bareng-bareng!

Bum Bag

Barang yang satu ini mungkin dulunya suka kita lihat dipakai sama kenek bus atau penjual sepatu di Mangga Dua untuk naroh uang-uang mereka, tapi baru-baru ini tas dengan sebutan Bum Bag ini lagi hits banget! Mulai dari designer fashion ternama, brand-brand indienya Hypebeast, sampai toko jualan online biasa pasti jualan tas ini. Tas ini jadi salah satu dampak hiphop fashion, nih!

Bum Bag Source Instagram @royricardoSource: Instagram @royricardo

Serba Kegedean

Barang-barang oversized juga lagi hits dipake sama anak-anak muda, nih! Dari mulai jaket yang kegedean, sweater kegedean, terus ditumpuk-tumpuk biar jadi lebih gede. Designer fashion seperti Balenciaga, sampai brand yang anak muda banget seperti Acne Studios dan Vetements juga ngikutin trend ini, lho! NIKI, Penyanyi hiphop perempuan Indonesia yang hits di Amerika suka nih pakai outfit oversized!

Serba Kegedean, Source Instagram nikizefanyaSource: Instagram @nikizefanya

Kalung Rantai Emas

Udah dari jaman dulu kita tau kalau penyanyi rap atau hiphop pasti suka pakai kalung-kalung emas bertumpuk, itu udah jadi style yang terkenal! Sampai sekarang gaya ini masih eksis lho! Coba lihat gayanya NIKI diatas, dia juga pakai kalung-kalung emas, atau lihat gayanya Rayi RAN yang suka pakai kalung rantai emas juga.

Kalung Rantai EmasSource: Instagram @rayiputra26

Kacamata Gaya

Kacamata sekarang bukan cuma dipakai sebagai alat yang mempermudah penglihatan, tapi juga buat gaya! Walaupun gaya-gaya kacamata jaman sekarang sebenernya adalah remake dari style jaman dulu, tapi tetep booming dan jadi salah satu bagian fashion hiphop, lho! Coba deh lihat gaya yang satu ini.

Kacamata Gaya Source Instagram: @brianimanuelSource: Instagram @brianimanuel

Sneakers Keren

Kalau dulu sneakers kayaknya cuma dipakai untuk jalan-jalan santai atau ke sekolah, sekarang sneakers udah jadi item fashion yang high-end juga, lho! Banyak banget brand high-fashion seperti Gucci dan Balenciaga yang ngeluarin sneakers dengan gaya mereka. Nah, musisi hiphop akhirnya banyak nih yang pakai sneakers dengan banyak model gaya yang keren-keren, kayak yang satu ini!

Sneakers, Source instagram @attahalilintarSource: instagram @attahalilintar

Hoop Earrings

Selain kalung rantai emas, hoop earrings atau anting bulat juga jadi salah satu item fashion hiphop yang udah berjaya lama, lho! Dengan berbagai macam warna dan bentuk, anting-anting ini masih tetep hits sampai sekarang dipakai sama penyanyi-penyanyi hiphop perempuan!

Hoop Earrings @ramengvrlSource: instagram @ramengvrl

Nah itulah tadi, Fashion yang mulai jadi trendsetter atau kiblatnya para anak-anak generasi Z. Walaupun gak semua anak generasi Z sih, yang mungkin hanya di perkotaan saja yang mengikuti trend ini. Hayo ngaku, kalian udah koleksi item ala-ala anak hiphop yang mana nih? Atau kalian baru mulai tertarik?

Related Article