News

Ketika Jokowi Ditanya Musik Metal Dan Lagu Anak-Anak Di #JOKOWIMENJAWAB

Surya Yudhis / Wed, 18 July 2018

Seandainya dulu Bapak jadi musisi metal, apakah Bapak akan terjun ke dunia politik?? Nah pertanyaan diatas tadi adalah salah satu dari empat pertanyaan yang dijawab oleh Presiden Joko Widodo dalam episode pertama #JokowiMenjawab.

Apa sih #JokowiMenjawab?

#JokowiMenjawab adalah sarana masyarakat Indonesia untuk bertanya langsung kepada Presiden Jokowi. Presiden Jokowi membuka saluran tanya-jawab dari warga kepada dirinya via video. Pertanyaan itu nantinya akan dijawab langsung oleh Jokowi lewat video juga.Informasi mengenai program sesi tanya-jawab itu diunggah Jokowi via akun Facebook-nya, yang pertanyaannya dibuka dari tanggal 18 Februari sampai 25 Februari lalu.

Tapi, kesempatan bertanya ini hanya diberikan kepada anak muda berusia 13-20 tahun. Untuk mengajukan pertanyaan atau aspirasi, mereka harus membuatnya dalam bentuk video YouTube dengan durasi maksimal 30 detik.

Dikutip dari detik.com, Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan kegiatan #JokowiMenjawab itu adalah cara Presiden Jokowi mendengar dan memanfaatkan media sosial.

"Untuk tahap awal, Presiden memilih mendengarkan dari generasi muda karena masa depan kita ada pada mereka" Kata Bey Machmudin.Nah, dalam edisi pertama #JokowiMenjawab, Ada empat pertanyaan yang dijawab langsung oleh Presiden, dengan tema Musik dan Industri Kreatif.

Yang Pertama, dari Evan umur 14 tahun, Dia bertanya tentang apa album favorit dan 2 lagu favorit pak Jokowi dari band metallica.Pak jokowi menjawab memang beliau mengaku kalau dulu waktu masih muda dia seneng banget sama metallica, selain itu juga ada nazareth, scorpion, Gun & Roses, Lamb of gods, dan masih banyak lainnya. "tapi itu dulu ya" Jokowi sempat menegaskan lagi.

Favorit album pak jokowi dari band Metallica adalah?"master of puppets" dan juga Album "One" ?disitu banyak yang bagus-bagus kata beliau. Tapi, sekarang ini pak jokowi senangnya yang didalam negeri, kayak grup band Slank dan Burgerkill. Lirik lagunya itu memberikan semangat dan optimisme, dan juga memberikan kita dorongan-dorongan untuk maju. Lirik-lirik seperti itulah yang pak Jokowi senangi.

"Jadi apapun kita, jadi pemimpin di RT nya, jadi pemimpin dikampungnya, ketua OSIS misalnya. Ya kita harus mempunyai semangat, harus kuat memimpin, ada masalah bisa menyelesaikan, ada problem bisa merampungkan. Saya kira hal seperti itu yang harus kita ambil dari lagu-lagu yang kita dengar. bukan hanya masalah musik kerasnya, tapi pesan-pesan moral, cinta lingkungan. Itu yang saya suka disitu." Tutur pak jokowi.Kedua ada Rangga umur 18, yang bertanya jika seandainya dulu bapak Jokowi menjadi musisi metal, apakah bapak akan terjun ke dunia politik?"Coba lihat ya, saya kan sekarang pake jaket seperti ini, kayak enak metal itu ya? hahaha" Pertanyaan dibuka tawa oleh pak Jokowi.

"tapi kalo saya dulu misalnya, masuk ke grup band. saya seneng jadi drummernya. karena kalau di rock itu yang paling seneng saya dengarkan adalah drumnya. kalau sudah 'duk jedak jeduk duruduk jeduk' wah itu sudah memberikan kita semangat untuk bekerja dan belajar."

"Tapi gini, kalau misalnya kita ini sudah menjadi rocker, kemudian masuk politik ya kenapa tidak? Semua orang bisa terpanggil untuk masuk ke dunia politik. Siapapun bisa. Tapi, sekali lagi bahwa berpolitik itu adalah dalam rangka bekerja untuk mengabdi, bukan untuk yang lain-lain" Yang ketiga, Laras Kinanti umur 13 tahun dari Purbalingga, dia bertanya kenapa sekarang makin minim lagu anak-anak dan lagu perjuangan baru Pak Presiden senang sekali diingatkan tentang hal ini, betapa pentingnya lagu anak-anak dan lagu perjuangan. Dan pak Jokowi memang mengakui sekarang ini kita kekurangan lagu-lagu itu. Tetapi justru dengan adanya kekurangan ini, bisa menjadi peluang industri kreatif yang bisa dimasuki oleh siapapun. 

Apalagi pak Jokowi lebih senang sekali kalau ada lagu anak-anak mengenai kebhinekaan Indonesia, mengenai keindahan gunung-gunung, laut, yang menceritakan kekayaaan alam Indonesia. "Saya kira kita membutuhkan dan juga lagu-lagu perjuangan, baik yang lalu dan perjuangan yang dibutuhkan untuk saat-saat ini."Lalu yang terakhir ada Kevin dan Adinda, yang bertanya bagaimana caranya anak yang masih dibawah 17 tahun dapat ikut berkontribusi untuk negara ini, khususnya di bidang Industri Kreatif.Kata Pak Jokowi, Industri Kreatif di Indonesia ini peluangnya masih besar sekali, bukan hanya di musik, tapi bisa dari video, film, fashion, animasi, aplikasi, desain produk, dan banyak sekali yang masih bisa dimasuki dan ini adalah peluangnya anak-anak muda.Pak Jokowi mengambil contoh dibidang digital ekonomi.

Indonesia dalam 5 tahun kedepan memiliki peluang 130 milliar USD yang menurutnya itu nilai yang besar sekali dan sekali lagi mengatakan inilah peluang yang bisa dimasuki oleh anak-anak muda.Tetapi bidang ini bisa dikerjakan, kalau ada kolaborasi. 

Anak-anak muda harus berkolaborasi untuk mendapatkan sebuah produk, mendapatkan sebuah hasil yang paling baik. Dengan adanya kolaborasi, pak Jokowi meyakini industri kreatif indonesia akan bisa berkompetisi dengan industri kreatif negara-negara lain. Dan ini merupakan tantangan yang perlu dijawab oleh anak-anak muda. 

Pertanyaan-pertanyaan itu sangatlah menarik dan jawaban-jawaban Pak Jokowi pun sangat menginspirasi. Mulai dari musik favorit pak jokowi, lagu anak-anak dan perjuangan, sampai kontribusi di industri kreatif.

Nah tanya-jawab tersebut bisa kamu lihat selengkapnya lewat video?dibawah ini! :D

#JOKOWIMENJAWAB Episode 1 - Musik Dan Industri Kreatif?

Related Article