News

Lagi Stress? Kunto Aji Punya Obat Bius, Namanya "Sulung" dan "Bungsu"

Michelle Budiman / Sat, 19 October 2019

Selama beberapa bulan, hampir setiap malam, gue memasang lagu-lagu Kunto Aji yang “Sulung” dan “Bungsu”. Bahkan ada teman gue sampe ngomong untuk ganti lagu, jangan itu-itu mulu yang ada di Story, dan lain-lain. Tapi, gue nggak bisa. Gue memang lagi stuck dalam sebuah situasi yang impossible to bear. Namun, Mas Kunto suruh gue untuk cukupkanlah ikatan gue dan relakan yang tak seharusnya untuk gue.

Oke.

Jadi, gue mencoba melatih diri untuk melakukan apa yang Mas Kunto suruh. Beberapa bulan itu merupakan waktu dimana gue suntuk banget, tapi nggak ada yang tahu. Gue lagi stuck dalam keadaan yang cukup berat yang berakhiran membuat gue stres dan mengalami banyak anxiety attacks. Ternyata, gue nggak harus ngobrol sama siapa-siapa. Cukup dua lagu ini membantu gue untuk membuka pikiran, membersihkan hati dari benci, dan terus berjalan.

 


Mungkin lo lagi dalam situasi seperti ini waktu pertama kali mendengarkan dua lagu Mas Kunto, atau bahkan sampai sekarang. Lo lagi diselimuti banyak masalah dan nggak ada solusinya. Lo mencoba kabur dari masalah tersebut, namun ia mengejar tanpa lelah. Akhirnya, lo berdiam diri dan membiarkan masalah itu menelan lo dengan utuh (swallow you whole).

Mungkin gue bisa aja ngomong bahwa nggak ada salahnya lo bersedih atau menarik diri dari semua orang karena lo butuh waktu. Tapi, jangan membiarkan masalah-masalah lo swallow you whole ya. Ada waktunya untuk bersedih, tapi harus banget cari waktu untuk balik lagi ke diri lo yang menyenangkan, yang suka have fun, yang menyebarkan kasih, yang tidak menyimpan dendam atau rasa benci. Lo punya hak dan kewajiban untuk mengasihi diri lo loh! Jadi, take care of yourself, breathe, and move forward.

Gue secara pribadi sangat menghargai Mas Kunto membuat dua lagu ini. Banyak orang yang sedang mengalami hal-hal yang berat. Jadi, lagu-lagu kayak gini lah - These kinds of songs are what I crave for the most.

Related Article