News

Mau Langsung Belajar dengan Para Seniman? Yuk Ikutan Short Course Gudskul Vol.3!

Surya Yudhis / Sat, 29 June 2019

Dalam sebuah unggahan di feed Instagram pribadinya @jimi.multhazam, vokalis The Upstairs sekaligus Morfem, Jimi Multhazam mengumumkan bahwa dirinya membuka short course berjudul “Program Gudskul: Short Course (vol.3)”. 

Dengan tagar #GerakanJimiMengajar Jimi menjelaskan short course ini berbentuk kelas malam harian dengan berbagai macam mata ajar untuk dipelajari, mulai dari cara membuat karya seni melalui medium foto, ilustrasi, video, seni performance, instalasi, hingga aspek-aspek produksi dalam film, musik, dan seni rupa.

Jimi sendiri belakangan diketahui mengajar untuk kelas “Menulis Lirik Lagu”. Tak usah diragukan lagi, Jimi adalah orang di balik lirik nyentrik hampir seluruh lagu The Upstairs dan Morfem. Termasuk di dalamnya lagu-lagu populer macam “Matraman”, “Terekam (Tak Pernah Mati)”, “Disko Darurat” untuk The Upstairs dan “Senjakala Cerita” dan “Roman Underground” untuk Morfem.

Adalah Gudskul Ekoksistem, pusat studi kolektif dan ekosistem seni rupa kontemporer di Jakarta Selatan, yang mewadahi short course ini. Jimi tidak sendirian. Dia bersama banyak pengajar lainnya. 

Dua diantaranya sutradara Anggun Priambodo untuk kelas “Menuju Jalan Video Musik” dan pasangan The Secret Agents untuk kelas “Fotografi Musik”. The Secret Agents adalah pasangan Indra Ameng dan Keke Tumbuan.

Bekerjasama dengan situs crowdfunding Kolase.com, Gudskul membuka masa pendaftaran program ini dari tanggal 10 hingga 30 Juni 2019 melalui kolase.com/gudskul. Total biaya yang harus dikeluarkan seharga Rp 1.500.000/ kelas untuk masa belajar selama 2 bulan.

“Jadi walaupun nama kelasnya adalah video musik, hasil akhirnya bukan melulu membayangkan kelas ini membuat video musik, bukan memproduksi video musik. Gue mengajak untuk ikut kelas ini terutama untuk teman-teman yang tertarik dengan budaya visual,” ungkap Anggun Priambodo yang kerap menyutradarai video klip untuk Naif dan White Shoes and The Couples Company.

Tentang Short Course Gudskul

Short Course Gudskul adalah program kelas malam sepanjang delapan kali pertemuan yang diadakan di Gudskul: Studi Kolektif dan Ekosistem Seni Rupa Kontemporer. Berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan, kelas ini menawarkan berbagai subjek untuk mendalami cara membuat karya seni, dari medium foto, ilustrasi, video, seni performans, instalasi sampai seni media baru; menulis tentang seni; mengenalkan seni dan membuat cerita untuk anak; serta aspek-aspek produksi dalam musik, film dan pameran seni rupa. 

Setiap kelas difasilitasi oleh seniman, desainer, musisi, sutradara, dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya lebih dari sepuluh tahun. Sejak 2018, Short Course Gudskul telah berlangsung sebanyak dua volume dan diikuti oleh berbagai pekerja di ranah kreatif, mahasiswa, siswa SMA & SMK, seniman muda, musisi serta penikmat seni yang ingin mempelajari seluk beluk kesenian dan berjejaring dengan praktisi-praktisi yang ada di ekosistem Gudskul.

Tentang Kolase.com 

Kolase.com adalah platform crowdfunding (patungan online) kreatif pertama di Indonesia yang mewadahi beragam proyek kreatif. Ide apapun yang berhubungan dengan seni, musik, hiburan, bahkan literatur dapat direalisasikan di Kolase.com. Platform ini membantu para pekerja seni dan kreatif yang mencari dukungan baik moral maupun finansial, dengan menghubungkan mereka langsung dengan para calon penikmat karya-karya mereka.

Ada dua hal terpenting di Kolase.com, yaitu ada karya yang tercipta dan kolaborasi yang terjadi untuk mewujudkan karya tersebut.

Related Article