News

Melepas Pilu di #MantraMantraLive++

Michelle Budiman / Mon, 23 December 2019

Bukan suatu hal yang mengejutkan lagi kalau kita dengar lebih dari setengah penonton konser #MantraMantraLive++ punya Mas Kunto Aji pada nangis! Di tengah minggu yang dipenuhi dengan hujan deras, salah satu musisi Indonesia paling mengesankan ini membanjiri kita dengan lagu-lagu yang hit us right in the feels. Dengan beberapa sesi terapi bersama panduan praktisi pemulihan batin, Adjie Santosoputro, tentunya kita pulang dengan perasaan lega dan damai di hati.

Shot by: @m0rphineprincess_

Sempat mengobrol, Mas Kunto menjelaskan konsep dari konser yang diselenggarakan pada hari Rabu, 18 Desember kemarin. Hall A Basket, Senayan merupakan lokasi konsernya. Jadi, gede banget kan! Dan ternyata, Mas Kun sebenarnya ingin melakukan konser tersebut di bulan Maret, namun karena satu-dua hal (seperti adanya Puasa dan Lebaran), akhirnya diundur dan dimainkan pada bulan Desember. Oh, dan fun fact: Ternyata konsep konsernya mirip dengan Hindia loh, padahal nggak ada dibahas bersamaan! Keren nggak sih bisa satu pemikiran gitu?

Tentunya, Mas Kun memiliki ide kreatif nya sendiri yang bisa membuat kita semua merasakan hal yang sama, yaitu kelegaan. Topik kesehatan mental atau mental health diangkat oleh Mas Kun. Beliau berkata bahwa sebenarnya ada dua hal yang diangkat: old generation yang tidak menghiraukan mental health issues (yang berakhiran mereka jatuh dalam depresi dan anxiety berat) dan millenials yang suka mendiagnosa diri mereka sendiri (yang menganggap kalau kita mendengarkan lagu-lagu sedih atau depressing, berarti mereka itu depressed). Pesannya adalah, kalau memang lo depresi, harus langsung ketemu dengan psikolog! Jangan dibiarkan, it’s hurtful and scorching, dan lo layak untuk bahagia! Dan hanya karena lo dengerin lagu-lagu sedih atau lo menenggelamkan diri lo dalam kesedihan lo, nggak berarti lo beneran depressed. You’re fine, and that’s good!

Shot by: @m0rphineprincess_

Mas Kunto Aji dan timnya bener-bener mendedikasikan waktu mereka untuk menyebarkan kesadaran tentang mental health, karena memang hal tersebut sangat serius. Gue sangat bangga bisa menyaksikan konser #MantraMantraLive++ ini. Gue belajar banyak dari semua fasenya! So, props to everyone who made Mantra Mantra album and the concert a great success!

 

Related Article