News

Menciptakan Lagu Bagus Banget Untuk Otak Lo

Michelle Budiman / Mon, 23 December 2019

Ternyata bokap nyokap kita bener masukin kita ke music courses atau mengikuti masterclass dalam bermusik. Untuk lo yang sering nge-gig di bar, ikut dalam choir, atau cuma main-main iseng doang dirumah, you’re doing it right. Ternyata membuat lagu atau bermain musik itu bagus banget buat otak lo. Dari meningkatkan critical thinking hingga menyeimbangkan emotional state kita, menciptakan lagu atau bermain musik bisa menjaga kesehatan lo secara mental.

Berbahagialah para musisi Indonesia yang tiada habisnya jamming dimana pun lo berada!

Menyeimbangkan Hubungan Antara Otak Kiri dan Kanan

Bermain musik atau menciptakan lagu sangat baik untuk otak kita, karena menyeimbangkan hubungan antara otak kiri dan kanan. Maksudnya apa tuh? Lo jadi lebih gampang berpikir secara kritis dan kreatif dan memproses bahasa. Kalau lo udah bermain musik sejak kecil, lo akan kerasa banget benefits ini. Jadi, memang penting berapa lama dan sejak kapan lo bermain musik ya. Ini nggak termasuk untuk siapapun yang bermain musik kapanpun. Lo harus bermain musik di golden age lo untuk bisa merasakan benefits ini!

Decision-Making Jadi Lebih Mantep

Kabar baik bagi lo yang bermain musik, lo lebih gampang membuat keputusan-keputusan rumit. Karena otak lo sudah dilatih dalam memproses dan mempertahankan informasi (seperti not balok, kord dalam instrumen, dan lain-lain), lo paham membuat keputusan terbaik. Bermain musik juga sangat baik untuk anak-anak yang kesusahan fokus, contohnya untuk anak ADHD.

Nggak Dory

Bermusik juga sangat baik untuk meningkatkan daya ingat lo. Lo bisa lebih gampang menyimpan informasi dan bahasa untuk lo pakai lagi dalam pertimbangan dan debat.

Slow Brain Aging

Banyak banget orang-orang yang sudah menempuh usia 60-80 masih memiliki otak yang tetap fresh. Kalau lo telah bermain musik sekitar 10 tahun, otak lo bakalan tetap fresh dan sehat walau lo sudah tua nantinya.

Meningkatkan Percaya Diri Lo

Bermain musik membuat kita berpikir bahwa kita berharga, apalagi kalau kita mainnya jago banget! Anak-anak yang mengikuti music courses seenggaknya tiga tahun memiliki tingkat percaya diri yang lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak mengikuti music courses sama sekali.

Jadi, kalau lo nanti punya anak, sibukkan hari-harinya dengan music courses ya! Sangat baik untuk mental health, daya ingat, dan overall otak mereka deh!

Related Article