News

Menyembuhkan Diri Dengan 5 Cara Ini

Michelle Budiman / Sat, 15 February 2020

Baru-baru ini, Mas Kunto Aji menyelenggarakan konser #MantraMantraLive++ yang sangat berkesan. Salah satu alasan kenapa musisi Indonesia tersebut sangat disayang oleh banyak orang adalah keprihatinannya terhadap isu mental health. Nggak sedikit yang mengalami masa lalu kelam. Dari keluarga, komunitas, atau bahkan dari diri sendiri, kita semua pasti punya masalah mendalam yang hingga saat ini nggak bisa kita lupakan. Nah, Mas Kunto kemarin ingin membantu kita untuk relieve our pain dengan konser tersebut. Tapi, nggak cuma sampai disitu aja kok. Lo masih bisa melanjutkan sesi terapi dengan diri lo sendiri.

Isu mental health merupakan hal yang sangat dekat di hati gue, karena gue sempat mengalaminya sendiri. Masalah keluarga yang tiada habisnya membuat gue depresi dan berakhiran melakukan self harm. Karena nggak ada teman yang benar-benar gue percaya, apalagi keluarga yang bisa mengerti, gue cuma bisa mengandalkan diri gue sendiri untuk menyembuhkan hati gue yang sudah terluka sejak lama. Pada waktu itu, gue melakukan hal-hal dibawah ini to help me cope with my depression and anxiety. Gue berharap gue bisa membantu lo dalam hal ini ya!

Tulis di Kertas

Mungkin diantara lo udah pernah lihat di salah satu artikel yang gue tulis tentang hal ini. Memang menulis perasaan lo nggak untuk semua orang, tapi lo coba aja. Bisa aja masalah yang lo alami sekarang ini nggak bisa lo ceritain ke siapapun karena segitu parahnya. Jadi, salah satu hal yang lo bisa lakukan adalah menulis pengalaman-pengalaman atau perasaan lo di selembar kertas setiap hari. Cari cara untuk lo bisa ‘melampiaskan’ amarah, kesedihan, stres, atau depresi lo.

Konseling (secara online ataupun offline)

Kalau lo keberatan dengan menulis, mungkin lo bisa mencari konselor/psikolog/praktisi pemulihan batin. Lo bisa melakukan ini secara offline maupun online. Kalau lo mau secara online, lo mungkin bisa ke betterhelp.com atau jika lo ada pergumulan dengan LGBT+, lo bisa ke pridecounseling.com.

Menyibukkan Diri Dengan Hobi

Ini bisa juga menjadi salah satu cara untuk lo melampiaskan masalah-masalah lo. Lo bisa menulis, menggambar, menyanyi, bermain musik, dan lain-lain. Pokoknya, sibukkan diri lo dengan kegiatan yang lo suka.

Beribadah

Lo nggak perlu menjadi seorang yang religius untuk melakukan ini. Lo bisa melakukan ini dirumah, di kafe, selagi di kamar mandi, dan lain-lain. Beribadah, seperti menyanyi lagu-lagu yang empowering atau menguatkan batin lo, merefleksi diri, dan membaca artikel-artikel tentang self-help atau mental health bisa sangat membantu lo membuka pikiran dan hati untuk sembuh.

Embrace Yourself

Terkadang, depresi atau amarah kita bisa membuat kita jadi lebih tertutup, atau sering dianggap ‘introvert’. Ini bukan suatu hal yang salah kok, tapi lo jangan membiarkan depresi lo meluap dalam hati. Lo harus mencoba membuka diri dan mengekspresikan diri lo lebih lagi. Kalau lo sedih, coba aja ngobrol sama salah satu atau dua teman terbaik lo. Atau lo juga bisa mengekspresikan diri lo melalui hobi-hobi lo!

It’s time to heal yourself. This is your time. Cobalah ambil waktu untuk mencari cara agar lo bisa bahagia. You first.



Related Article