News

Musik Koplo Termasuk Dangdut Nggak Sih??

Michelle Budiman / Thu, 19 September 2019

Siapa disini yang sering denger term koplo di media sosial? Gw udah denger term koplo dari lama, cuma gw baru pantengin aja beberapa hari ini. Pas awal-awal denger, gw kira ini sama aja kayak dangdut, cuman dibedain nama biar lebih nge-hits.

Tapi setelah dikepo-in terus, ternyata ngga sedikit yang berpendapat kalau koplo tuh beda. Walaupun instrumen dan iramanya mirip-mirip, koplo katanya “menyimpang” dari jenis lagu dangdut karena tidak menggunakan goyangan atau tarian khas-nya. Itu sih katanya Rhoma Irama, si pakar dangdut ya. Tapi gw mikir, masa iya cuma gara-gara nggak ada tarian ala dangdut, koplo bukan dangdut?

Nggak tau kenapa Rhoma Irama nggak jelasin lebih detil. Nggak ada penjelasan sisi instrumen atau iramanya kenapa mereka dibedakan. Para pakar dangdut lainnya juga nggak ada yang menjelaskan. Tapi kalau menurut gue sih, koplo tetap bagian dari dangdut, seperti sub-aliran lainnya. Pop dangdut, rock dangdut, ska-dut, dangdut remix, reggae-dut, chaca-dut, dan lain-lainnya itulah sub-aliran dangdut.

Bahkan, jenis music koplo ini lebih mendekati jenis music dangdut daripada yang lain, namun berbeda instrumen aja. Kalau yang gw denger ya, koplo nggak pake instrumen-instrumen yang sering terdengar di jenis music dangdut, seperti suling dan gendang. Dan yang gw tau, koplo dibuat oleh orang-orang negeri dalam, jadi mungkin patut dibanggakan, daripada sub-aliran lainnya yang dari pop atau rock.

Belakangan ini juga muncul nama "Indie Koplo", ketika gig-gig indie disusupin sama musik koplo! Sebut aja contohnya unit Feel Koplo, Psycoplo, sama Club Dangdut Racun yang membawa ini ke gig satu dengan gig lainnya. Bertebaran juga di youtube versi lagu yang di remix dengan koplo seperti DJ Ojo Nesu, malahan emang ada yang serius bawa aliran musik koplo kayak Filosofi Koplo bentukan Imam Darto. Dibawah ini berikut contoh-contoh lagunya!

DJ Ojo Nesu - Harta Berharga

Filosofi Koplo - The Happy Song

Payung Teduh - Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan (Prontaxan)

Marion Jola - Jangan Ft.Mesin Tempur (CLUB DANGDUT RACUN VERSION)

Pamungkas - I Love You But I'm Letting Go (Psycoplo Remix)

Tangga - Terbaik Untukmu ( Feel Koplo Version ) 

Nah itu beberapa unit/grup musik yang meng-koplokan diri. Kalau ada yang tau lebih banyak pemusik Indonesia yang nge-koplo, kabarin ya! Jenis music koplo emang lagi didengerin banget sih sama anak-anak zaman sekarang. Jadi, boleh banget sharing yang lo tau!

Tapi beneran judul diatas itu, gw nanya. Ini kan menurut gw doang, tapi gw nggak tau bener apa nggak. Kalau menurut pakar dangdut sih enggak, tapi banyak juga yang ngomong kalau koplo itu sejenis atau sealiran. Jadi, mana nih yang bener?

Related Article