News

Nostalgia Lagu-lagu Lama di Penutupan Asian Games 2018

Analuna manullang / Tue, 18 September 2018

Selesai sudah tugas Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018! Perjuangan pemerintah dan masyarakat yang sudah bekerjasama dengan baik untuk menyukseskan Asian Games 2018, maka itu dengan resmi acara penutuan Asian Games 2018 pun diadakan kemarin (02/9) di Gelora Bung Karno (GBK) yang pastinya nggak kalah seru daripada upacara pembukaan yang diadakan 18 Agustus kemarin.

Selain dilakukan untuk menutup acara secara resmi, acara penutupan ini juga ditujukan sebagai hiburan kepada atlet-atlet yang sudah berjuang dalam kompetisi yang sudah mereka ikuti, dan juga hiburan untuk masyarakat Indonesia dan pihak lainnya yang sudah membantu jalannya acara Asian Games 2018 baik di Jakarta maupun di Palembang.

Musisi Indonesia pun pastinya turut ikut menghibur dalam acara penutupan ini, dari mulai Isyana Sarasvati sampai Bunga Citra Lestari! Kalau di pembukaan kita mendengar medley lagu-lagu nasional dan daerah dari Indonesia, di penutupan ini kita dihibur dengan banyak lagu pop Indonesia yang udah gak asing ditelinga kita, penutupan Asian Games 2018 juga jadi ajang nostalgia bagi masyarakat Indonesia!

“Kemesraan” – Iwan Fals

Nostalgia lagu lama dimulai dengan lagu “Kemesraan” yang dipopulerkan oleh Iwan Fals pada tahun 1988. Lagu yang populer dengan lirik ‘kemesraan ini janganlah cepat berlalu, kemesraan ini ingin ku kenang selalu’ ini dinyanyikan oleh duet Bams eks-Samson dan Lea Simanjuntak pun seakan-akan mengatakan supaya kemesraan masyarakat Indonesia dan masyarakat Asia lainnya yang sedang berkumpul dalam Asian Games 2018 agar tidak berhenti sampai di sini saja, tapi bisa berlanjut sampai seterusnya.

“Rumah Kita” – GodBless

 

A post shared by NET. Mediatama Televisi (@netmediatama) on

Lagu “Rumah Kita” yang dipopulerkan oleh band GodBless pada tahun 1988 pun dinyanyikan. Lagu ini dibawakan oleh band GIGI, yang mengenakan baju serba putih, dan pastinya ditujukan untuk Indonesia dan masyarakat Indonesia yang menyatakan bahwa Indonesia, sudah menjadi tempat atau tuan rumah yang baik bagi Asian Games 2018. Lagu ini juga bisa memberikan pesan bahwa masyarakat Indonesia bersyukur sudah memiliki rumah yang layak untuk ditempati bagi acara berskala internasional seperti Asian Games 2018.

“Terbang” – GIGI

 

A post shared by armand maulana (@armandmaulana04) on

Dipopulerkan GIGI pada tahun 1998, lagu tentang jatuh cinta ini kembali dibawakan dengan cara dan warna musik yang sama seperti dulu setelah GIGI membawakan lagu “Rumah Kita”. Nostalgia lagu-lagu cinta pun dimulai setelah GIGI selesai membawakan hitsnya.

"Pandangan Pertama" - RAN

Selanjutnya ada lagu lawas yang ngehits banget tahun 2000-an akhir. Lewat lagu ini, RAN berhasil mencuri perhatian warganet Korea Selatan yang melihat penampilan mereka. Dan yang lebih merindingnya lagi, Lagu ini dinyanyiin bareng sama seluruh penonton yang ada di GBK.

"Cuma bisa terharu dengerin satu GBK nyanyi 'Pandangan Pertama'. Lagu itu kaya anak untuk pencipta. Gak pernah nyangka dia bisa tumbuh sebesar ini. Terima kasih supportnya untuk RAN di closing Asian Games malam ini teman-teman :)." Kata Nino RAN pada salah satu captionnya di Instagram.

"Inikah Cinta" - ME

Masih sama RAN yang memegang kendali panggung, lagu kedua yang mereka bawakan pada malam itu adalah lagu lawas dari tahun 90-an, "Inikah Cinta" dari M.E yang membuat seluruh penonton GBK terus bernyanyi dan menari! Gak percaya? nih ada yang merekam dari kursi penonton.

 

A post shared by inQ (@abby_898989) on

"Malam Ini Indah" - Iwa K.

Dipenampilan terakhirnya, RAN juga membawakan lagu dari rapper ternama indonesia, Iwa K! Sesuai sama lagu yang dibawanya, malam Closing Ceremony Asian Games 2018 emang indah banget!!

 

A post shared by NET. Mediatama Televisi (@netmediatama) on

 

Setelah lagu-lagu lama Indonesia dilantunkan, lagu-lagu lama India pun juga menjadi hiburan. Penyanyi perempuan Indonesia, Denada, bersama penyanyi laki-laki bernama Siddharth Slathia dari India pun membawakan dua lagu dari dua film Bollywood yang hits di Indonesia, yaitu lagu “Koi Mil Gaya” dan lagu “Kuch Kuch Hota Hai” yang pastinya disambut meriah oleh penonton. Dua grup boyband korea juga memeriahkan acara penutupan Asian Games 2018, yang pastinya kalian sudah tahu! Yaitu ada IKON dan Super Junior yang membawakan lagu-lagu hits mereka.

Lagu hits Indonesia belakangan ini juga dibawakan oleh Siti Badriah yang menyanyikan lagu “Syantik”-nya, Lagu-lagu official theme song Asian Games 2018 pun dibawakan di awal acara, Isyana Sarasvati yang menyanyikan lagu “Asia’s Who We Are” lalu lagu medley official theme song Asian Games yang dinyanyikan oleh beberapa musisi seperti Bunga Citra Lestasi dan Afgan.

 

A post shared by GIGI (@gigibandofficial) on

Penutupan ini pun menjadi tanda bahwa Indonesia sudah sukses membantu jalannya Asian Games 2018, dan menjadi tanda bahwa Republik Rakyat Cina (RRC) akan menjadi tuan rumah di Asian Games selanjutnya yang akan diadakan di Goangzhou, Cina tahun 2020 mendatang!

Related Article