News

Selain "BEBAS", Riri Riza Banyak Menyutradarai Film Legendaris Lainnya

Michelle Budiman / Tue, 22 October 2019

Mohammad Rivai Riza merupakan seorang film director, producer, dan penulis. Lebih dikenal sebagai Riri Riza, ia lahir di Makassar pada 2 Oktober, 1979. Ia lulus dari Jakarta Arts Institute dengan jurusan Film Directing. Tugas akhirnya, “Sonata Kampung Bata” memenangkan posisi ketiga di Oberhausen Short Film Festival pada tahun 1994. Dari situ, let’s just say his career went uphill.

Petualangan Sherina

Pada tahun 1995, ia membuat dua episode dalam series “Anak Seribu Pulau”. Lalu pada tahun 1998, ia menyutradarai feature film pertamanya, “Kuldesak”. Ia berkolaborasi dengan Mira Lesmana, Nan Triveni Achnas, dan Rizal Mantovani. Feature film solo-nya, “Petualangan Sherina” tahun 2000 menjadikannya sutradara official - dan menurut gue - sutradara yang keren.

Lo pasti udah pernah nonton film-film “Laskar Pelangi” (2008) dan “Ada Apa Dengan Cinta? 2” (2012), kan? Film-film yang terkenal ini juga disutradarai oleh Riri Riza loh. Karena memiliki jiwa yang konsisten dan kreatif, tentunya film-film tersebut sangat dihargai oleh kalangan orang-orang Indonesia.

Riri Riza merupakan seorang yang sensasional, dan gue pribadi sangat suka mendengarkan dia dalam wawancara-wawancara atau press conferences. Nggak cuma kritis, ia juga salah satu orang yang menggunakan bahasa-bahasa sastrawi. Jadi, kelihatan banget memang orangnya pintar dan kreatif.

Film terbarunya yang disutradarai olehnya dan diproduseri oleh Mira Lesmana adalah film “BEBAS”. Jangan lupa ditonton ya, itu juga salah satu film yang membawa perasaan nostalgik. Nggak akan kecewa deh nonton itu, apalagi yang sutradarain Riri Riza!

 

Related Article