News

Seruang, Duo Musisi Asal Malang Yang Menyediakan Kita Pop Bergizi

ayrussi / Thu, 13 September 2018

Perkenalkan, Seruang! duo musisi asal Malang/ Jakarta yang beranggotakan Ria Antika (Vokal/ drum/ cajon/ perkusi) dan Adhitomo Kusumo (Gitar/ bass/ back vokal). Sepasang musisi ini sebenarnya udah memikirkan rencana untuk membuat proyek musik berdua di awal pernikahan mereka pada tahun 2017. Tapi karena lagi banyak kesibukan, mereka akhirnya baru resmi membentuk Seruang pada pertengahan 2018 dan sepakat mengusung musik dengan genre pop.

 

Dan akhirnya, pada tanggal 31 Agustus 2018 Seruang merilis single “Kaki-kaki” serta melakukan showcase dan press conference di Paviliun 28 Jakarta Selatan. Lagu tersebut mendapatkan sambutan dan apresiasi baik dari semua yang hadir pada waktu itu. Lagu “Kaki-kaki” bercerita tentang perjalanan manusia untuk tetap gigih meraih apa yang dicita-citakan. Di lagu ini, manusia dikonotasikan dengan istilah “Kaki”. Lagu “Kaki-kaki” diaransemen dan direkam secara mandiri oleh dua personel Seruang di home studio mereka.

Awal mula duo Seruang ditandai dengan pembuatan lagu “Berdua” yang menjadi soundtrack pernikahan mereka. Setelah mendapat respon positif dari berbagai orang yang mendengarkan lagu tersebut, mereka mulai sering menulis lagu bersama dan mulai aktif di berbagai kegiatan yang berkaitan dengan penulisan
lirik dan pembuatan lagu.

Beberapa kegiatan tersebut yaitu workshop bertajuk “Gara-gara Musik” yang digagas oleh Nia “Paviliun28”, Fia “RiuhSunyi” dan solois Gabriel Mayo di Paviliun28 Jakarta yang membahas tentang seluk beluk penulisan lirik dan pembuatan lagu dan juga Earhouse Songwriting Club yang digagas dan dimentori oleh Endah Widiastuti dari “Endah n Rhesa”.

Di rangkaian workshop “Gara-gara Musik” terdapat sebuah sesi “Unjuk Karya dan Rasa” yaitu sesi hearing song semua lagu yang ditulis peserta workshop yang didengarkan oleh para pemateri (Adrian Yunan dan Nesia “NonaRia”) dan beberapa musisi yang hadir seperti Petrus (Adoy) dan Bonita “Bonita and the Husband”, Venessa Adverta, dan lainnya.

Lagu “Kaki-kaki” yang ditulis oleh Adhitomo dan Ria yang diperdengarkan malam itu banyak mendapatkan respon positif dari semua yang hadir dan mereka menyarankan Adhitomo dan Ria untuk melanjutkan proyek musik tersebut. Sempat berpikir beberapa bulan untuk mencari nama proyek musik, akhirnya Adhitomo dan Ria sepakat menggunakan nama Seruang karena mereka banyak menghabiskan waktu dan membuat karya di satu ruangan yang sama dan mengusung musik Pop dengan mengedepankan tema lirik yang positif.

Di Seruang, mereka mencoba keluar dari zona nyaman, dimana Adhitomo sebelumnya adalah pemain bass dan di proyek ini dia bermain gitar dan menjadi vokal latar sementara Ria yang sebelumnya adalah pemain drum, di proyek musik ini menjadi vokal utama dan pemain perkusi. Selain itu, mereka juga berupaya untuk menulis dan mengaransemen lagu-lagunya sendiri di Seruang.

Seiring berjalannya waktu dalam penggarapan single "Kaki-kaki", Seruang di bantu oleh rekan musisi lainnya, seperti datangnya musisi tamu yaitu Ria Zipie “Are You Alone?” yang mengisi suara flute. Lalu mixing dilakukan oleh Adhitomo Kusumo dan Mastering oleh Wendi Arintyo di ALS studio Rempoa. Sedangkan artwork di single ini dibuat oleh Wahyu Brian Pranama.

Latar Belakang Personil Seruang

Sebelum akhirnya membentuk Seruang, mereka berdua memiliki proyek musik masing-masing. Adhitomo Kusumo atau biasa disebut Dodit adalah seorang pemain bass di band Raksasa (Bersama Franki Indrasmoro/ Pepeng “Naif”, Adrian Adioetomo, Iman Fattah, dan Adi Cumi “Fable”) serta band Rock instrumental bernama Primata (Bersama Rama Wirawan dan Ria Antika). Selain itu Adhitomo juga adalah session player beberapa band untuk live dan recording session seperti Drive, Zivilia, Andi Bayou studio, Nia & Adit AFI, Mondo Gascaro, Payung Teduh, Lightcraft, RiuhSunyi dan lain-lain. Adhitomo juga mengerjakan beberapa proyek musik di belakang layar sebagai sound engineer dan pembuat jingle.

Sementara itu Ria memiliki band bernama “Apel” yang semua personelnya adalah perempuan. Bersama Apel, Ria telah merilis satu (1) album “Girl Power” yang berisi 10 lagu dan merilis enam (6) single. Saat ini Ria juga menjadi pemain drum di Primata, serta session player di RiuhSunyi dan aktif di komunitas musisi perempuan “Sisterhoodgigs” yang beberapa kali berkolaborasi bersama Tere, Fia, Bonita, Nadya Fatira, Melanie Subono, Aiu Ratna, dan lain-lain. Selain bermusik, Ria juga berprofesi sebagai dosen di salah satu universitas swasta di Tangerang Selatan.

Harapan dari dirilisnya single ini adalah semoga lagu ini dapat tersebar dan didengar di “ruangan-ruangan” lain dan memberikan semangat positif dalam meraih mimpi untuk siapapun yang mendengarkannya. Lagu ini sudah bisa kamu dengarkan di beberapa digital streaming! Dari Spotify, Deezer, Joox, dan iTunes! 

Related Article