News

SHAL, Band Asal Makassar Yang Menghentak Semangat Lewat Lagu 'Shine'

Surya Yudhis / Sun, 06 August 2017

SHAL, band indie asal Makassar yang mengusung genre?Easycore?mempersembahkan video klip dan sekaligus yang menjadi single perdana mereka berjudul "SHINE".?Lagu ini, bercerita tentang penyemangat untuk terus berusaha meraih impian. Lagu 'Shine' diambil dari bahasa inggris yang berarti menjadi kata motifasi "Percayalah kita akan bersinar". Sedangkan SHAL Sendiri memiliki singkatan dari See, Hear and Feel, di adopsi dari bahasa inggris yang berarti ?Lihat, dengar dan rasakan?.

SHAL mengungsung genre Easycore dan diperkaya oleh Firman dengan alat instrument Synthesizer-nya ?(Easycore Synth). Pengaruh besar genre mereka dari salah satu band asal negeri Sakura (Fear And Loathing In Las Vegas).

Ada banyak Sub Genre yang mereka tambahkan di setiap karya karya mereka, yang tidak akan terlepas dari benang merah genre utamanya, seperti Electronic Rock, Breakdown, Techno & Alternatif Rock. Nah, seperti apa single perdana mereka? mari kita simak dibawah ini. :D

SHAL - Shine

https://www.youtube.com/watch?v=3ASzjhYS8Dg

Cerita Terbentuknya SHAL

Berawal dari Fira, Ragil,?Firman, Abdy, & Iqbal yang satu sekolahan membentuk band bernama ?Raffi band? dan memulai debutnya degan sebatas latihan di studio yang meng- cover lagu band-band ternama, setelah beberapa bulan kemudian mereka memulai ikut tampil di beberapa kompetisi band (Festival band), mereka juga sempat meraih juara di beberapa event kompetisi tersebut Setahun berselang setelah ?Raffi band? terbentuk mereka Vakum dikarenakan kesibukan Sebagai pelajar yang tidak bisa mereka tinggalkan.

Dan Setahun kemudian saat mereka telah lulus di dunia Pendidikan (SMA) Raffi band terpaksa kehilangan posisi Drummer dimana Iqbal harus balik ke kampung halamannya (Jakarta).

Beberapa bulan kemudian, Fira, Ragil, Abdy, & Firman sepakat untuk mencari drumer baru, dan Fahrul yang kebetulan masih teman sekolah mereka ikut terjun menggantikan posisi Iqbal, dan merekapun kemudian sepakat untuk memulai sebuah band baru, lalu memutuskan untuk mengganti juga menamakan band mereka dengan nama ?SHAL? dan menjadikan tanggal 01 Agustus 2012 sebagai hari lahir Shal band.

A post shared by SH?L band *Official (@shal.band) on

Selama Dua tahun lebih, mereka mengikuti banyak Event kompetisi band, suka duka-pun mereka telah lalui bersama, namun seiring waktu, sang Vocalist (Fira) sudah tidak punya waktu luang untuk band mereka, dikarenakan aktivitas perkuliahan dan Eskul yang tidak bisa ia tinggalkan, lalu mereka sepakat untuk mencari pengganti Fira.

Setelah keluarnya Fira, beberapa nama vocalist-pun telah tercatat dalam history SHAL band, tak terpungkiri mereka (Fira, Ryta, Alwi & Cimy) telah menorehkan banyak prestasi untuk SHAL band.

Namun hanya waktu yang akan terus menjawab komitment dan konsistensi Personel untuk terus bersama-sama Mengejar segudang impian SHAL band. Sejak Agustus 2012 sampai di penghujung tahun 2015.

Baca Juga:?Lagu Dari Eleventwelfth Untuk Kamu Yang Susah Melepas Kenangan

Lagu Dari Eleventwelfth Untuk Kamu Yang Susah Melepas Kenangan

SHAL telah banyak melalui banyak event kompetisi band sampai di tahun 2014 mereka memutuskan untuk maju di jalur Indie band dan juga SHAL sempat mengeluarkan Single ?Shine? bersama lady rocker (Cimy) dari kota Palopo, namun akhir tahun 2015, SHAL kembali menjalani ujiannya lagi, dimana harus kehilangan sang vocalist untuk kesekian kalinya, yang dikarenakan Cimy harus kembali ke kota kelahirannya.

Awal 2016, SHAL kembali merekrut Vocalist melalui proses audisi via media sosial. Dan dari beberapa teman-teman yang telah berpartisipasi, terpilihlah ?Emen? untuk mengisi posisi Ujung tombak SHAL band. Babak baru harus kembali mereka lalui bersama Vocalist "Emen".

SHAL memantapkan diri untuk berani menggarap lagu sendiri dan memfokuskan untuk berjuang lewat jalur independen. Dan akhirnya, unit Easycore asal Makassar ini merilis video klip perdananya pada 16 Juli 2017 yang menjadi penanda keseriusan mereka dalam bermusik.

Related Article