News

Teruntuk Kalian Para Pejuang Skripsi

Surya Yudhis / Sun, 25 November 2018

Berbicara Musik Indie, akhir-akhir ini berita baik datang dari Kota Gudeg Yogyakarta. Nareswara, yang merupakan project solo dari Febry Nareswara telah menetaskan 1 buah karya yaitu dengan merilisnya Music Video “PEJUANG SKRIPSI” di Channel YouTubenya.

Kalau dari judulnya mungkin kalian bisa langsung menerka tentang apa lagu ini. Tapi lebih intinya, Lagu ini bercerita tentang keluh kesah Mahasiswa tingkat akhir yang ditulis Febry Nareswara dengan bahasa yang jujur, sederhana dan apa adanya.

Begitu juga dengan musik nya, perpaduan antara Balada dan Folk sangatlah ringan buat di dengarkan. Febry Nareswara juga menjelaskan bahwa lagu Pejuang Skripsi di tulis berdasarkan fakta yang di alami Mahasiswa tingkat akhir di Indonesia khususnya di Jogja yang sedang menempuh masa-masa skripsi, selain itu Pejuang Skripsi juga merupakan salah satu kejadian nyata yang saya alami saat menempuh kuliah di Jogja,” jelas “Febry Nareswara”.

Lagu berdurasi sekitar 5 menit lebih ini sebenarnya sudah di rekam pada tanggal 8 Februari 2018 yang lalu. Dengan individualisme yang tinggi awalnya Febry Nareswara tidak mau menyebarluaskan lagu ini, boro-boro membuat Video Klip nya tidak kepikiran sama sekali.

Tapi pikiran itu seketika berubah ketika Nareswara perform di UB Malang dan membawakan lagu Pejuang Skripsi secara live. Antusiasme dan respon Mahasiswa saat itu sangatlah bagus dan menumbuhkan energi baru yang akirnya membuat Febry Nareswara berfikir ulang dan memutuskan untuk membuat Video Klip Pejuang Skripsi kelak.

Tanggal 8 September 2018 Febry Nareswara memutuskan untuk Syuting lagu Pejuang Skripsi. Untuk syuting lagu ini pun bisa di bilang nekat, “ujar Febry”, karena dalam kenyataan nya untuk proses, Febry Nareswara hanya bermodalkan dana 200 ribu tanpa sponsor apa pun.

Dana itu, di fokuskan untuk makan para pemain, crew, dan pihak yang terlibat. Terus gimana dengan Tempat, Kamera, Sound System dan perlengkapan lain nya? Febry Nareswara menjelaskan, untuk semuanya itu dibantu secara gotong royong oleh para Sahabat Nareswara yang baik hati. Mereka semua rela meluangkan waktu dan meminjamkan sesuatu yang mereka punya untuk Nareswara. Saya sempat terharu melihat semanagat dan support dari teman-teman.

Saya pribadi mengucapkan banyak terimakasih kepada Don Quixote & Co dan Bala Buku atas pinjaman Tempat nyaman nya. Ceria Handini dan Setyawan Agung yang telah menyubangkan petikan Gitar dan gesekan Sello nya, dan para Kameramen & Crew M Ridwan BE, Jhon Botchan, Nur Syahid P, para Cerw CH Agasta dan Ardian Nur, Sound System Mas Indra serta seluruh Sahabat Nareswara yang terlibat dalam pembuatan Video Klip Pejuang Skripsi.

Disini saya tidak hanya menyampaikan pesan dari isi lagu Pejuang Skripsi saja tetapi yang lebih penting bagaimana proses yang saya alami bersma Nareswara untuk melewati keterbatasan yang kami miliki. Kita bisa berfikir bahwa ada kata lain nggak sih selain Uang? Kita mempunyai Semangat dan kita mempunyai Sahabat yang begitu baik, jadi kenapa kita harus menyerah sebelum menjalani.

Secara khusus pesan ini saya sampaikan kepada orang-orang muda yang berkecimpung di dunia Seni Khususnya Musik jangan pernah menyerah dalam keterbatasan untuk membuat karya. Saya yakin kalian mempunyai kelebihan luar biasa yang tidak pernah dimiliki oleh orang lain. Semangat lah, Tuhan dan Semesta mendampingi, “Jelas Febry Nareswara”.

Untuk lagu Pejuang Skripsi ini sendiri memiliki pesan kepada seluruh Mahasiswa tingkat akhir di Indonesia Untuk segera menyelesikan masa kuliahnya, Lulus lama  tidak apa-apa, yang penting nggak DO. Saya juga berpesan di lagu ini untuk teman-teman Pejuang Skripsi agar segera bekerja/berkarya setelah lulus kuliah, segera lah menempuh kehidupan yang sesungguhnya.

Bagi masyarakat yang rumah nya jauh dari kota dan terhambat jaringan untuk melihat di You Tube, kalian nggak perlu cemas. Lagu Pejuang Skripsi bakal bisa kalian request di Radio kesayanagan anda, karena pada tanggal 18 November nanti lagu ini akan di siarkan serentak di seluruh Radio Tanah Air.

Related Article