News

Tips Dari Ify Alyssa Untuk Membuat Lagu!

Surya Yudhis / Fri, 04 October 2019

Berapa sih dari kalian yang pengen banget dari dulu buat lagu, tapi nggak ngerti caranya gimana? Gue dari kecil udah nulis-nulis lagu random, tapi nggak ada yang gue bagi ke media sosial atau ke siapapun karena menurut gue, lagu-lagu gue tuh…sampah.

Gue nggak pede sama karya-karya gue, karena gue pun tahu gue belum mendapatkan step-by-step guide. Tapi sekarang, gue akhirnya punya seseorang untuk kasih gue tips yang simple untuk membuat sebuah lagu dari Ify Alyssa!

Susun Melodi, Baru Lirik

Nah, ini dia hal paling pertama yang disebut oleh Ify, dan ini pun gue udah salah! Gue pasti nulis lirik dulu, kata-katanya mau gimana, baru melodi nya. Kebanyakan sih pada begini mungkin karena pada saat itu nggak ada instrumen yang bisa dipegang. Atau lagi dalam kondisi nggak bisa dimainkan karena lagi di suatu situasi yang tidak memungkinkan seseorang untuk berkarya (Contoh: lagi ngerjain ulangan Matematika. Ya, itu gue). Jadi, kalau lo mau bikin lagu, harus banget pikirin melodi dulu, biar lebih gampang memasukkan rangkaian kata-katanya.

Tulis Random yang Ada Dalam Otak Lo

Ini sangat membantu untuk menyempurnakan sebuah lagu di kedepannya, karena lo udah tahu apa aja ‘poin-poin’ yang lo sedang pikirkan, yang membuat lo gundah gulana atau resah. Bahkan, lo nggak perlu nulis true story dari apa yang ada di dalam otak lo. Setelah lo udah tulis semua kata-kata random dan lo udah cukup puas, nah! Disitulah lo bisa merangkai kata-katanya. Bisa tentang apa aja deh! Kalau ini, gue udah jago banget lah. Nggak perlu diomongin lagi. Nggak niat berkarya pun gue nulis nggak jelas di apapun yang bisa ditulisin.

Pertahankan Kata-Kata Yang Menurut Lo 'Berarti'

Ini tips dari Ify Alyssa yang paling penting. Jangan buang kata-kata yang membuat lo ngerasa kalau this is what it’s all about dalam lagu tersebut. Orang-orang bisa ngomong apa aja tentang kata-kata tertentu itu, tapi nggak perlu dengerin mereka. Listen to your heart, sip. Karena itulah yang membuat lagu itu punya lo!

Semoga tips membuat lagu oleh Ify Alyssa ini bisa membantu lo pada untuk berkarya ya!

Related Article