News

Youtuber Merambah Ke Dunia Tarik Suara, Salah?

Surya Yudhis / Sat, 25 August 2018

YouTuber Indonesia yang Nyanyi! Ada banyak cara untuk menghibur banyak orang dengan talenta yang kita punya! Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media sosial. Udah dari lama kita lihat ada banyak YouTuber Indonesia yang menghibur kita dengan talenta mereka, dari yang terkenal karena gaming, karena vlog, karena buat tutorial makeup, mereka semua juga menghibur kita dengan satu cara: MENYANYI!

Ada banyak YouTuber Indonesia yang sekarang udah punya single, punya album kecil-kecilan bersama band-nya, punya lagu hasil kolaborasi sama penyanyi profesional! Ada siapa aja? Nih, MOUSAIK coba jabarin beberapa youtuber yang merambah ke dunia tarik suara:

1. Marcella Febrianne (Cindercella)

Cindercella udah terkenal jadi YouTuber sejak lama, nih guys! Talentanya untuk makeup lah yang jadiin Cella sebagai salah satu beauty-vlogger terkenal di Indonesia, bahkan dia udah kolaborasi dengan beauty-vlogger lain untuk buat makeup palette sendiri, lho!

Selain makeup, Cella juga punya talenta lain, yaitu nyanyi! Udah sering banget Cella sharing videonya cover beberapa lagu di channel YouTube dan feed Instagramnya, salah satunya cover-an lagu Reality Club “Is It The Answer” yang ini, nih!

Baru-baru ini, Cella dan pacarnya, Ben Sihombing akhirnya ngeluarin single dengan judul “<3” atau yang dibaca hati! Lagu tentang perasaan jatuh cinta ini, sampai saat artikel ini ditulis, udah dilihat kurang lebih 100ribu kali lho sama pengguna YouTube!

2. Fathia Izzati (Kittendust)

Kalau perempuan yang satu ini terkenal di YouTube karena videonya di tahun 2014 yang niruin 21 aksen atau cara ngomong orang asing, selain itu, pernah dikenal dengan julukan Kittendust, Fathia juga sering nge-share vlog dan pemikirannya terhadap berbagai hal, dari mulai bagaimana pengalamannya jadi mahasiswi, bagaimana skincare routine-nya atau makeupnya, bahkan sampai pendapatnya tentang politik.

Sama seperti Cella, Fathia juga punya talenta bermusik, nih! Bahkan pernah buat lagu khusus untuk skripsinya, lho!

Selain lagu Skripsi dan beberapa cover-an, Fathia sekarang juga punya band, namanya Reality Club! Bersama bandnya ini, Fathia udah punya album dengan judul “Never Get Better” dengan singlenya “Is It The Answer”!

3. Gita Savitri (Gitasav)

YouTuber yang satu ini jenis kontennya nggak jauh beda dari Fathia! Sebagai seorang perempuan Indonesia yang berkuliah di Jerman, Gita sering banget ceritain pengalamannya saat bersekolah, bagaimana pendapatnya tentang hal-hal yang terjadi disekitar dia, sampai makeup!

Gita yang baru-baru ini aja menikah, juga punya bakat di dunia musik, Gita juga sering bagiin video cover lagu di channel YouTube-nya, salah satunya cover lagu Moon River sama Paul ini!

Nah, setahun yang lalu Gita sama Paul yang sekarang jadi suaminya, sempet ngeluarin single berjudul “Seandainya” yang udah ditonton lebih dari 700ribu kali sama pengguna YouTube!

4. Reza Oktovian (Reza Arap)

Salah satu YouTuber Game Indonesia, Reza Oktovian, udah lama terkenal lewat konten-konten videonya yang banyak nge-review game, lewat komentarnya yang ‘nyablak’ Reza akhirnya ‘viral’ dan dapet banyak viewers! Nah, bukan cuma nge-game aja, ternyata Reza juga punya bakat jadi rapper, lho! Contohnya di lagu MODUS yang Reza bawain sama Rayi-nya RAN, dan tiga YouTuber Indonesia lainnya, Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, dan Kemal Palevi.

Buat lebih fokus ke talenta nge-rap-nya, Reza pun bareng-bareng sama Eka Gustiwana, YouTuber yang terkenal sama lagu-lagu dubbingnya, dan DJ Indonesia, Billy Taner, bareng-bareng buat kelompok DJ dengan nama Weird Genius, lagu mereka bareng Prince Husein di YouTube udah ditonton lebih dari 12juta kali, lho!

5. Agung Hapsah

YouTuber yang satu ini terkenal lewat konten videonya yang membagikan pengalaman tentang software edit video! Dari mulai bagaimana cara edit video dengan Adobe Premier, bagaimana edit di After Effects, apa dan bagaimana cara bekerja video 360 derajat, bahkan lewat video-video dengan sinematografi yang unik, Agung juga sering menjelaskan pemahaman dia dengan banyak hal! Seperti video yang satu ini!

Sama kayak YouTuber lain yang ada di artikel ini, Agung juga punya bakat bermusik, yaitu nge-rap, bedanya kalau lagi nge-rap Agung pakai nama lain, yaitu EEVNXX! Seperti cover-an lagu See You Again-nya Tyler the Creator yang dinyanyiin sama Fatiha Izzati!

EVNXX juga punya channel sendiri lho! Lagu pertama dengan judul “w3rk” dipublish pertama kali sama Agung di akhir tahun 2017 kemarin.

6. Chandra Liow

Buat yang suka main Instagram, pasti udah kenal banget sama orang yang satu ini lewat Indovidgram, namanya Chandra Liow! Nggak kalah sama konten-kontennya di Instagram, konten Chandra di YouTube juga beragam! Dari mulai vlog, video pendek yang lucu, review-review, sampai wawancara eksklusif sama bintang holywood!

Selain itu, Chandra juga suka nge-rap! Sama kayak dua YouTuber yang udah kita bahas sebelumnya. Salah satu lagu yang dibuat Chandra di channelnya adalah “Gapap Jelek Yang Penting Sombong” yang dia buat sama Devina Aureel dan Eka Gustiwana.

Talentanya yang keren di bidang musik pun akhirnya ngebuat Chandra kolaborasi sama musisi-musisi muda Indonesia, seperti lagu “Sweet Talk” yang Chandra nyanyiin bersama dengan Sheryl Sheinafia dan Rizky Febian.

7. Kery Astina

YouTuber asal Bandung yang satu ini emang udah terkenal lewat talenta nyanyi-nya, videonya yang suka nge-parodi-in music video musisi-musisi Indonesia. Walaupun lucu-lucuan, tapi talenta nyanyi Kery nggak bohongan, lho! Video-video parodinya kebanyakan dia nyanyiin sendiri! Nih, Kery nge-parodi-in lagu “Glow Like Dat”-nya Rich Brian.

Udah semakin fokus sama talenta nyanyi-nya, sekarang Kery juga buat lagu, kayak lagu yang baru dipublish di YouTube-nya Kery yang berjudul “Unstable Love” yang Kery nyanyiin bareng Skinnyfabs, nih! Gaya edit videonya Kery juga keren banget cuy!

Mungkin ada beberapa dari kalian yang mikir kalau YouTuber yang nyanyi-nyanyi hanya “mencari kesempatan dalam kesempatan” supaya karya mereka semakin besar hasilnya, tapi menurut MOUSAIK, hal itu terjadi karena mereka mau membagi talenta atau bakat lain mereka untuk membuat konten dan menghibur kita sebagai penikmat karya-karya mereka, mungkin dapat profit itu adalah sebuah berkat tambahan yang mereka dapat.

Jadi, siapa YouTuber yang karya musiknya kalian suka? Jangan lupa like lagu-lagu mereka di video-video di atas ya!

Related Article